Aplikasi Peta 3-Dimensi Universitas Negeri Manado

Debby E. Sondakh, Julio Kolopitawondal, Janto Motulo

Abstract


Universitas Negeri Manado memiliki area yang luas menyebabkan pengujung, mahasiswa, dosen, dan staf sulit mengetahui letak bangunan, fungsi setiap bangunan, dan fasilitas yang ada. Media petunjuk lokasi yang tersedia saat ini berupa miniatur peta universitas yang tersedia di gedung utama, namun informasi ditampilkan terbatas. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi peta 3 dimensi untuk kampus universitas Negeri Manado. Penambahan unsur 3-dimensi membuat aplikasi peta menjadi interaktif, menggunakan grafika pada user interface untuk menvisualisasikan dan memanipulasi objek tertentu. Metode penelitian yang digunakan rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan proses model spiral dan tools yang digunakan seperti, Google SketchUp untuk modeling, Maxon Cinema 4D untuk membuat dataran dan melakukan rendering objek, Adobe flash untuk membangun aplikasi. Aplikasi peta 3-dimensi Universitas Negeri Manado ini memberikan informasi berupa lokasi gedung, deskripsi gedung, sarana dan prasarana yang tersedia di Universitas Negeri Manado serta diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu memudahkan dosen, staff, mahasiswa, dan calon mahasiswa ataupun pengunjung dalam mencari tempat ataupun objek dalam lingkungan kampus.

Full Text:

PDF

References


Universitas Negeri Manado, [dalam jaringan], Dilihat: 23 Oktober 2014, Tersedia:http://www.unima.ac.id/

R. S. Pressman. Software Enginerring. 5th Ed. New York: McGraw-Hill. 2001.

F. S. Hill. Computer Graphics Using OpenGL, 3rd Ed. Prentice Hall.

Peter & M. S. Steve. Fundamentals of Computer Graphics. 3rd Ed. Massachusetts: NVIDIA Corporation. 2007.

H. W. Kwari & M. A. Kwaari. Autocad 3 Dimensi Menggunakan Satuan Metric, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.