Pemanfaatan Algoritma FCM Dalam Pengelompokan Kinerja Akademik Mahasiswa

Aidina Ristyawan, Kusrini Kusrini, Andi Sunyoto

Abstract


Clustering merupakan salah satu teknik data mining yang secara otomatis mengelompokan data yang memiliki keterkaitan tertentu secara bersama – sama. Salah satu metode clustering adalah Fuzzy CMeans yang didasarkan pada logika fuzzy, yang diperkenalkan oleh Lotfi Zadeh (1965) dengan nama himpunan fuzzy (Fuzzy Set). Algoritma clustering Fuzzy C-Means mengijinkan suatu data dapat menjadi anggota lebih dari satu kelompok. Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan kinerja mahasiswa pada program studi S-1 Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta angkatan 2002 hingga 2006 yang sudah lulus berdasar nilai akhir matakuliah dan keahlian. Pengelompokan tersebut menggunakan algoritma fuzzy clustering yaitu Fuzzy C-Means. Pengelompokan tersebut dilakukan pada masing – masing keahlian, sehingga masing – masing keahlian tersebut akan terdapat lima kelompok kinerja akademik mahasiswa. Penggunaan pengelompokan menggunakan Fuzzy C-Means ini terbukti dapat dilakukan dengan baik yang mampu memiliki nilai fungsi objektif di bawah ambang batas dan memiliki index Xie Beni terendah.

Full Text:

PDF

References


Wahyuningrum. Hubungan Kemampuan, Kepuasan Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Pegawai Di Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Tesis. Semarang Universitas Diponegoro; 2008.

Suwardji, E., Hasbullah, R., & Albatross, E. Hubungan Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Univeritas Singaperbangsa Karawan. Jurnal Manajemen. 2012;10(1) :955.

Ridwan, M., Suyono, H., & Sarosa, M. Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Jurnal EECCIS. 2013; 7 (1) : 59.

Bahar. Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Algoritma Fuzzy C-Means. Tesis. Semarang Universitas Dian Nuswantoro; 2011.

Prasetyo, E. Data Mining Mengolah data menjadi informasi menggunakan matlab. I. Yogyakarta.

Penerbit ANDI Yogyakarta. 2014 : 218.

Rizal, A.S., Hakim, R.B.F. Metode K-Means Cluster Dan Fuzzy C-Means Cluster (Studi Kasus:Indeks Pembangunan Manusia di Kawasan Indonesia Timur tahun 2012). Prosiding Seminar

Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. 2015 : 643


Refbacks

  • There are currently no refbacks.