Pengukuran Kinerja Aplikasi Electronic General Ledger System dengan IT Balanced Scorecard

Sandy Kosasi

Abstract


Makalah penelitian ini memperlihatkan target hasil pengukuran kinerja aplikasi Electronic General Ledger System (EGLS) untuk masing-masing perspektif menggunakan metode IT Balanced Scorecard dengan metode deskriptif analitis. Perspektif tertinggi adalah orientasi masa depan sebesar 24,32%, kedua adalah keunggulan operasional sebesar 24,09%, ketiga adalah orientasi pengguna sebesar 23,81%, dan terendah kontribusi organisasi sebesar 22,33% dari target masing-masing perspektif sebesar 25%. Tiga perspektif tidak mencapai target karena kinerja aplikasi belum maksimal mendukung kinerja karyawannya, dan produktivitas karyawannya belum efektif dan efisien. Perspektif kontribusi organisasi memperoleh hasil pengukuran terendah karena belum efektifnya penggunaan dana untuk pengembangan aplikasi EGLS dan realisasi biaya melebihi dari batas anggaran operasionalnya. Hasil akhir pengukuran kinerja memperlihatkan pencapaian nilai pengukuran sebesar 94,55% dan berada pada level very good. Untuk meningkatkan perspektif kontribusi organisasi dapat memberikan pelatihan kepada karyawan secara berkelanjutan agar dapat memaksimalkan kinerja dan daya saing maupun operasional perbankan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah secara berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Grembergen ̧ Wim Van. De Haes, Steven. Measuring and Improving IT Governance through theBalanced Scorecard. Information Systems Control Journal. 2005. Vol 2: 1-8.

Tang, Xiaojun. Todo, Yuki. A Study of Service Desk Setup in Implementing IT Service Management in Enterprises. Technology and Investment. Scientific Research. 2013. Vol 4: 190-196.

Jiang, Daokui. Liu, Zuankuo. Research on Application of Balanced Scorecard in the Government Performance Appraisal. Open Journal of Social Sciences. Scientific Research. 2014. Vol 2: 91-96.

Keyes, Jessica. Implementing The IT Balanced Scorecard: Aligning IT With Corporate Strategy. Auerbach Publications, Taylor & Francis Group. 2005.

Sinisammal, Janne. Belt, Pekka. Harkonen, Janne. Mottonen, Matti. Vayrynen, Seppo. Successful Performance Measurement in SMEs through Personnel Participation. American Journal of Industrial and Business Management. Scientific Research. 2012. Vol 2: 30-38.

Saraswat, Pranav. E-Dimension of Balance Scorecard: Strategy Implementation through IT. International Journal of Advances in Computing and Management, January - June 2014. ISSN 2250-1975. Vol 3 (1): 27-32.

Romansyah, Yusep. Mubarok, Husni. Yunanto, Rio. Implementation Of Information Technology Balanced Scorecard in An Agriculture Organisation. International Journal of Administrative Science & Organization. May 2012. Vol 19 (2): 79-85.

Asosheh, Abbas. Nalchigar, Soroosh. Jamporazmey, Mona. Information technology project evaluation: An integrated data envelopment analysis and balanced scorecard approach. Expert Systems with Applications. Elsevier. August 2010. Vol 37 (8): 5931-5938.

Quagini, Luca. Tonchia, Stefano. Performance Measurement. Linking Balanced Scorecard to Business Intelligence. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.