Perbandingan Virtual Private Network Protokol Menggunakan Point to Point Tunnel Protocol dan OpenVPN

Henki Bayu Seta, Muhammad Ridwan, Theresia Wati

Abstract


Dengan semakin ketergantungannya user kepada teknologi internet tentu harus diimbangi dengan ketersediaan internet yang memadai dan handal, berbagai masalah justru muncul ketika internet tidak menjamin keamanan yang maksimal tanpa adanya metode-metode tertentu karena internet sendiri terbuka untuk umum, siapapun dapat mengakses didalamnya, untuk itu maka kerahasiaan serta autentifikasi atas informasi yang dikirim atau yang diterimapun bersifat terbuka. Sebelum mengimplementasikan Virtual Private Network (VPN) perlu dilakukan perbandingan antar protokol terutama protokol PPTP dan OpenVPN. Metode penelitian yang digunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC) untuk mengimplementasikan konsep VPN beserta penerapan QoS. Perbandingan dilakukan dengan parameter kecepatan dan keamanan data pada saat dikirim maupun diterima. Hasil penelitian didapat kedua protokol memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada sisi kecepatan PPTP lebih unggul ketimbang OpenVPN, sedangkan pada sisi keamanan OpenVPN memiliki keamanan yang lebih baik ketimbang PPTP.


Full Text:

PDF

References


Albert Suwandhi, Juni Erpin. Analisa Sistem Pengaman Data Jaringan Berbasis VPN. STMIK IBBI

Jisnu Adi Widjaya. Perancangan dan Implementasi Jaringan Virtual Private Network menggunakan PPTP (Point To Point Tunnelling Protocol) pada PT. Mega Tirta Alami. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013

Muhammad Taufik Roseno. Analisis Perbandingan Protokol Virtual Private Network (VPN) – PPTP, L2TP, IPSEC – sebagai Dasar Perancangan VPN pada Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Joko Triyono, Rr. Yuliana Rachmawati K, Fahmi Dhimas Irnawan. Analisis Perbandingan Kinerja Jaringan VPN Berbasis Mikrotik Menggunakan Protokol PPTP dan L2TP Sebagai Media Transfer Data. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. 2014

Sandy Indra Jaya, Rissal Efendi, Noor Miyono. Pemanfaatan Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) pada Virtual Private Network dalam Akses File Server. Jurnal Teknologi Informasi-Aiti.2012. Vol.9.No.2: 101-200.

I Made Mustika Kerta Astawa, Claudia Dwi Amanda. Pengamanan Jalur Komunikasi Internet Menggunakan PPTP (Point-to-Point Tunnelling Protocol). Prosiding SeTISI Seminar Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 2013. Hal 24-28.

Jimmy, Handriyanto, Handy Sulianto. Analisis dan Pemodelan Remote Access VPN dengan Aplikasi OpenVPN pada PT. Garmindo Utama Jaya. Jakarta Binus University. 2011

Muhammad Ridwan. Analisa dan Perbandingan Layanan Virtual Private Network (VPN) Menggunakan Protokol Point To Point Tunneling Protocol (PPTP) dengan OpenVPN Berbasis Mikrotik. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.