AUGMENTED REALITY PENGENALAN SENJATA DEWATA NAWA SANGA BERBASIS ANDROID

A.A. GD DARMA P ARIMBAWA, Candra Ahmadi, I Gusti Rai Agung Sugiartha

Abstract


Senjata Dewata Nawa Sanga Berbasis Mobile ini merupakan inovasi baru dalam perkembangan aplikasi mobile yang berisikan tentang pengenalan kesembilan Senjata Dewata Nawa Sanga yang berupa objek 3D. Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality Pengenalan Senjata Dewata Nawa Sanga ini,menggunakan media berupa aplikasi Unity 3D dan Vuforia. Unity 3D berisi editor untuk membangun/mendesain materi dari suatu aplikasi dan Vuforia sebagai library marker. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan informasi tentang  Senjata Dewata Nawa Sanga dan Aplikasi Augmented Reality yang diinstal pada smartphone android yang mampu menampilkan setiap objek 3D dari Senjata Dewata Nawa Sanga. Aplikasi  ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan Senjata Dewata Nawa Sanga.

 

Kata kunci: Aplikasi android, Buku Augmented Reality, Senjata Dewata Nawa Sanga, Unity 3D, Vuforia.

 


References


DR. I made Titib, 2001, “Teologi dan simbol-simbol dalam agama hindu”, Paramita Surabaya.

Simamarta, Janner. (2006), “Aplikasi Mobile Commerce menggunakan PHP dan MySQL”. Yogyakarta: Andi Offset.

Anggi Andriyadi 2011, “Penerapan Augmented Reality Pada Brosus Untuk Media Periklanan Mobil Secara Virtual ”.

Ragil Oktaviyani, 2013, “Rancang Bangun Aplikasi Android untuk Menghitung Biaya Listrik Rumah Tangga”. FTUNS, Semarang.

Safaat H, Nazruddin. 2012. Android Pemrogaman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Informatika.

I Gede Ngurah Arya Indrayasa, 2014, “Analisis, Perancangan dan Penenrapan Computer Genenrated Imagery (CGI) Dalam Pembuaan Modeling 3D “Realistic Human Head” Menggunakan Blender 2.68”. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta.

Ully Asfari, Bambang Setiawan, dan Nisfu Asrul Sani, 2012, “Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality [Studi Kasus: Graha ITS Surabaya]”. Fakultas TeknologibInformasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

M. Fernando, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity, 2013.

Purwanto, Eko, Menguasai Cepat Adobe Photoshop CS6, http://ilmukomputer.com, 2003.

Sholiq, 2006, “Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nidhra, Srinivas and Dondeti, Jagruthi. 2012. BLACK BOX AND WHITE BOX TESTING TECHNIQUES--A LITERATURE REVIEW. International Journal of Embedded Systems&Applications (IJESA). 2012: 2(2) :29-30


Refbacks

  • There are currently no refbacks.