RANCANG BANGUN GAME SATUA BALI I BELOG BERBASIS ANDROID

Ida Bagus Kompyang Septa Perwira, I Made Adi Purwantara, Ratna Kartika Wiyati

Abstract


Tradisi mesatua di kalangan masyarakat Bali saat ini kian tergerus dengan perkembangan teknologi. Teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat adalah mobile smartphone. Integrasi antara teknologi yang sedang berkembang dan kemunduran minat masyarakat terhadap satua Bali membuat penulis tertarik untuk merancang serta membangun sebuah game menggunakan Bahasa Bali dengan prinsip cerita rakyat Bali kedalam mobile smartphone berbasis Android. Pembuatan game ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu cerita rakyat Bali di kalangan pengguna android dengan menggunakan metode studi literatur, analisa sistem, perancangan program, pembuatan program, serta pengujian program dan evaluasi. Pembuatan game satua I Belog ini menggunakan bahasa pemrograman. Untuk pengujian sistem menggunakan SDK Corona sebagai emulator. Game ini dibuat dalam empat level dengan tingkat kesulitan yang berbeda Hasil implementasi sistem game ini terdiri atas sebelas halaman mulai dari halaman splash screen hingga halaman credit. Proses publishing dilakukan dengan membuat file dalam format file.apk agar dapat dijalankan di mobile smartphone. Kesimpulan dari perancangan serta membangun game ini adalah bahwa media mobile smartphone dapat digunakan sebagai sarana mempromosikan dan melestarikan tradisi mesatua Bali.

Kata Kunci : Game, I Belog, mesatua.


References


Tinggen, I Nengah.1993.Satua-satua Bali. Singaraja:Indra Jaya

Henry Samuel. Cerdas Dengan Game: Panduan Praktis Bagi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Fatta Hanif Al. Dasar Pemrograman C++ Disertai Dengan Pengenalan Pemrograman Berorientasi Objek. Yogyakarta: C.V Andi Offset. 2006.

Jung Kurt, Brown Aaron. Beginning Lua Programming. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc. 2007.

Suprianto Dodit, Agustina Rini. Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: Mediakom. 2013.

Kadir Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset. 2004.

Keriana, K. Pupulan Satua Bali. Bali: Gianyar Grafika. 2006

Kristanto Andi. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.