APLIKASI PENERIMAAN PESANAN BAHAN BANGUNAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE BERBASIS ANDROID

I Komang Juli Subagiada, I Gede Putu Krisna Juliharta, I Made Budi Adnyana

Abstract


Pada saat ini pertumbuhan di bidang properti sangat pesat, banyak toko bangunan yang bermunculan. Akan tetapi pemesanan bahan bangunannya kurang praktis, pembeli harus datang ke toko untuk memesan. Jadi disini dibutuhkan sebuah program yang dapat memesan bahan bangunan dengan mudah dan cepat. Dan pemesan juga dapat mengatur waktu kedatangan dari pesanan tersebut. Aplikasi pemesanan ini dapat digunakan pada smartphone Android dengan menggunakan web service yang memberikan kemudahan bagi pemilik toko karena dapat langsung mengolah data pesanan dengan cepat. Pada pembuatan aplikasi pemesanan ini, metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan studi literatur dalam pengumpulan data. Perancangan sistem meliputi use case diagram, deskripsi use case, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Hasil dari sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi pembeli karena dapat menghemat waktu dan tidak harus datang ke toko bangunan. Sedangkan dari pemilik toko bangunan dapat menambah pelayanan kepada pembeli dan mempermudah proses pemesanan bahan bangunan sehingga laporan yang dihasilkan valid.

Kata Kunci:  Aplikasi Pemesanan, Toko Bangunan, Web Service.

 


References


Pusat Bahasa, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia, Jakarta

K. Dwi, Adi, 2005. Kamus Praktis Bahasa Indonesia, Fajar Mulya, Surabaya.

Nazruddin Safaat H, 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC (Edisi Revisi). Informatika, Bandung.

Khafidli Firgiawan 2011. Trik Menguasai HTML 5, CSS 3, PHP Aplikatif. Lokomeida, Yogyakarta.

Edy Winarto ST., M.Eng & Ali Zaki, 2011. Membuat Sendiri Aplikasi Android untuk Pemula. Elex Media Komputindo, Semarang.

David M. Kroenke, 2005. Database Processing jl.1/9. Erlangga, Jakarta.

Ivan Michael Siregar, ST., MT, 2012, Membongkar Teknologi Pemrograman Web Service. Gava Media, Yogyakarta.

Adi Nugroho, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Andi Publisher, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.