DISASTER RECOVERY PLAN PADA SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE ITIL V3 (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH PROVINSI BALI)

I Putu Aris Sanjaya, Luh Made Yulyantari, Erma Sulistyo Rini

Abstract


Instansi pemerintahan seperti pemerintahan Provinsi Bali yang mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat luas dan mengedepankan pengiriman informasi melalui infrastruktur sistem informasi yang ada pada ruang server pemerintah Provinsi Bali. kunci dari keberlangsungan dan keberhasilan menanggulangi bencana pada ruang server pemerintah Provinsi Bali adalah dengan membangun disaster recovery plan yang baik dan tepat pada pemerintahan Provinsi Bali. Disaster recovery plan penanggulangan bencana pada ruang server pemerintah Provinsi Bali diharapkan dapat memberikan kontribusi yang tepat dan memberikan solusi apabila terjadi bencana pada ruang server pemerintah Provinsi bali supaya pekerjaan para 

pegawai tidak terganggu dan pelayanan kepada masyarakat tidak terhenti sementara. Metode analisa ITIL V3 digunakan karena memiliki fokus pengembangan tata kelola teknologi informasi khususnya dalam hal layanan IT service. Dibangunnya disaster recovery plan yang berbentuk standard operating procedure (SOP) diharapkan dapat meminimailisir terjadinya korban jiwa maupun materi pada pemerintah Provinsi Bali.

Kata Kunci : DRP, ITIL V3,  Provinsi Bali, SOP, bencana


References


Bates. Regis J. Disaster Recovery Planning. Mc Graw Hill. 2005.

Kadir A. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta. Andi. 2008.

Ricardus. Eko Indrajit. Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta. Elex Media Komputindo. 2008.

Davis. Gordon B. Editors. ITIL V3 Foundations Study Guide. Taru LLC 2009

Bates. Regis J. Disaster Recovery Planning. Mc Graw Hill. 2005.

Fathansyah. Basis Data. Bandung. Informatika. 1999

Ariani N. Pembelajaran Multi Media di Sekolah. Jakarta. Prestasi Pustaka. 2010.

Stoneburner. Gary Et All. Risk Management Guide for Information Technology Systems. NIST. 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.