PERAMALAN PERTUMBUHAN PELANGGAN DENGAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE STUDI KASUS PT. PLN (PERSERO) RAYON KUTA

I Made Rai Dwi Antara Putra, I Made Darma Susila, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract


Listrik merupakan kebutuhan vital masyarakat pada saat ini. Bahkan dapat dikatakan masyarakat sudah sangat tergantung kepada listrik, karena listrik sudah memegang peranan penting di dalam kehidupannya. Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan kegiatan perekonomian masyarakat, maka permintaan akan kebutuhan listrik juga akan meningkat. PT. PLN Persero sebagai pemasok tunggal listrik kepada masyarakat bertanggung jawab penuh atas ketersediaannya. PT. PLN Persero harus dapat mengantisipasi peningkatan permintaan listrik, khususnya yang berhubungan dengan pemasangan pelanggan baru. Pemasangan pelanggan baru, selain berkaitan dengan penambahan listrik, juga berhubungan dengan kebutuhan MCB dan KWH Meter. Agar kualitas layanan pemasangan pelanggan dapat selalu dijaga, maka PT. PLN Persero harus memiliki rencana kerja yang didukung dengan data yang akurat. Data yang akurat tentu saja tidak mungkin diperoleh, tetapi dapat diperkirakan dengan melakukan peramalan atas data masa lalu. Untuk itu akan dibangun sebuah 

sistem peramalan dengan metode rata-rata bergerak sederhana. Sistem peramalan ini akan dipergunakan untuk meramalkan jumlah pelanggan baru, kebutuhan akan MCB dan KWH Meter.

Kata kunci: peramalan, rata-rata bergerak sederhana, pelanggan baru, kebutuhan MCB dan KWH Meter.

 

 

 


References


Sugiarto. 2002. Metode Statistik. Jakarta: Gramedia.

Dajan, Anto. 2000. Pengantar Metode Statistik. Cetakan Ke-16, Jakarta: LP3ES.

Arief Soma Darmawan, S.T, Sistem Pendukung Keputusan PeramalanPenjualan Batik di Pekalongan dengan Metode Moving Average, Jurnal Ilmiah ICTech Vol. X No.2 Mei 2012.

Larman, Craig. 2005. Applying UML and Patterns: An Introduction to Object-Oriented Analysis and Design and Iterative Development. 3rd Edition. USA : Prantice Hall.

Rumbaugh, James, Ivar Jacobson and Grady Booch, 1999, The Unified Modeling Language Reference Manual, Addison Wesley Longman, Inc.

O’Docherty, Mike, 2005, Object-Oriented Analysis and Design, Understanding System Development with UML 2.0, John Wiley & Sons Ltd, West Sussex, England.

Pressman, Roger S., 2001, Software Engineering, a Practitioner’s Approach, 5th Edition, Mc Graw Hill, New York.

Setiawan. S., 1997, Simulasi: Teknik Pemrograman dan Metode Analisa, Yogyakarta:Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.