PERANCANGAN INTRUSION DETECTION SYSTEM PADA JARINGAN NIRKABEL DENGAN AUTO RESPONSE

I.B. Putra Utama Dhiatmika, I Gede Putu Krisna Juliharta, Dandy Pramana Hostiadi

Abstract


Saat ini, seluruh informasi yang penting bagi suatu institusi maupun masyarakat dapat diakses secara bebas dengan media jaringan nirkabel. Karena kebebasan tersebut, maka pertahanan pada jaringan nirkabel terhadap aktivitas serangan menjadi hal yang sangat penting. Akibat dari banyaknya pengguna yang memanfaatkan jaringan nirkabel atau jaringan wifi sebagai media untuk terkoneksi ke internet maupun digunakan dalam media untuk berbagi file, maka keamanan dari jaringan nirkabel atau wifi menjadi sangat rentan. Dari sekian banyak pengguna yang terkoneksi ke jaringan nirkabel tidak mungkin mengetahui apakah ada salah satu dari pengguna yang terkoneksi pada jaringan nirkabel ingin melakukan penyerangan atau hanya sebagai pengguna biasa. Maka solusi yang dibutuhkan agar jaringan nirkabel menjadi aman adalah dengan menggunakan aplikasi Snort yang dapat mendeteksi adanya serangan yang terjadi pada jaringan nirkabel. Aplikasi ini dapat mendeteksi percobaan penyerangan yang terjadi pada jaringan nirkabel dengan cara mengarahkan traffic yang berada di access point ke server IDS yang telah terinstal aplikasi snort dan aplikasi swatch yang dapat digunakan untuk mengawasi alert dan mengirimkan email jika kondisi yang telah ditentukan pada file konfigurasi swatch telah ditemukan. Serta dapat memberikan pemberitahuan adanya serangan pada administrator jaringan melalui email. Sehingga diperoleh snort dapat memberikan alert sesuai dengan jenis serangan yang terdeteksi, dengan access point yang menggunakan openwrt maka proses pengarahan traffic ke server ids dengan port forwarding dapat dilakukan dengan mudah, dan swatch dapat membaca snort alert serta mengirimkan email alert sesuai dengan alert yang muncul pada snort alert.  

Kata Kunci : Intrusion Detection System, Snort, Swatch, Nirkabel, Auto Response


References


Ariyus, Dony. Intrusion Detection System. Yogyakarta: Penerbit ANDI 2007.

Roesch, Martin. Snort Manual 2.8.5. 2009.

Abraham Nethanel Setiawan Junior, Agus Harianto, Alexander. Perancangan dan Impementasi Intrusion Detection System Pada Jaringan Nirkabel BINUS University. 2009.

Rachmat Hidayat AI-Anshar. Pengembangan Intrusion Detection System dan Active Response Pada Transparent Single-Homed Bastion Host Http Proxy Server Firewall Sebagai Keamanan Sistem Proxy. 2008.

P.Tri Riska Ferawati Widiasrini. Intrusion Detection dan Reporting System Berbasis Mobile Agent. 2006.

Kohlenberg, Toby. Snort Intrusion Detection and Prevent Toolkit. 2007.

Roesch, Martin. Snort Manual 2.8.5. 2009.

Hantoro. G. D. WIFI (Wireless LAN) Jaringan Komputer Tanpa Kabel. Informatika . Bandung: 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.