SISTEM MONITORING PENGGUNAAN LABORATORIUM BERBASIS CLIENT-SERVER STUDI KASUS : LABORATORIUM STIKOM BALI

Putu Pradnya Pratistha Karya, I Made Darma Susila S.Kom., M.Kom, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti S.Kom., MT

Abstract


Tujuan dari perekayasaan ini adalah merancang dan membangun Sistem Monitoring Penggunaan Laboratorium Berbasis Client-Server di STIKOM Bali dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Sistem ini digunakan untuk membantu proses absensi dan mempermudah petugas laboratorium melakukan monitoring­ pengguna laboratorium. Pada perekayasaan ini menghasilkan 3 (tiga) aplikasi yang memiliki fitur-fitur berbeda sesuai dengan penggunanya. Pengguna aplikasi ini dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu : Admin, Mahasiswa, dan Dosen. Pada aplikasi admin memiliki fungsi untuk melakukan monitoringsemua pengguna laboratorium, melihat dan 

mencetak keluhahan atau history dari pengguna laboratorium. Pada aplikasi dosen memiliki fungsi untuk melakukan monitoring mahasiswa yang sedang menggunakan komputer, dan mengirim keluhan, sedangkan pada aplikasi mahasiswa memiliki fungsi untuk memberikan informasi siapa saja yang menggunakan komputer. Hasil dari aplikasi ini dapat membantu dalam me­-monitoring penggunaan laboratorium, memberikan output softcopy dan hardcopy berupa laporan history pengguna dan keluhan pengguna. Perekayasaan ini memfokuskan pada koordinasi antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Kata Kunci : Monitoring, Client-Server, Laboratorium, STIKOM Bali, C#

 

 

 


References


Tabrani R., Rusyam. 1997. Manajemen Pendidikan. Bandung: Media Pustaka

http://stikom-bali.ac.id/ (diakses pada tanggal 20 Nopember 2014)

Romney, Marshall B. and Paul John Steinbart. 2012. Accounting Information Systems 12nd Edition. USA: Prentice Hall inc.

Susanti, Nanik, and Moh Arifin. 2012. Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB) (Studi Kasus Laboratorium Progdi Sistem Informasi UMK). Majalah Ilmiah INFORMATIKA 3.1.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eka Agung Seputra, Yulius. 2014. Buku Pintar Pemrograman C#. Yogyakarta : MediaKom.

Nugroho, Adi. 2009. Rakayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.