RANCANG BANGUN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN KOSTUM TARIAN ADAT BALI BERBASIS FLASH

Bayu Arif Pratama, Dr. Muhammad Rusli, MT, Ni Nyoman Utami Januhari, SH., M.Kom

Abstract


Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai hal-hal yang canggih mulai bermunculan. Berbagai permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat mulai terpecahkan dengan adanya bantuan dari teknologi. Indonesia merupakan negeri yang memiliki berbagai keunikan, termasuk keunikan dalam kesenian daerahnya salah satunya adalah seni tari. Seni tari merupakan salah satu unsur budaya masyarakat Indonesia yang tak terbilang banyaknya. Beragamnya jenis kesenian tari yang ada, beragam juga perlengkapan dan pakaian atau kostum yang digunakan dalam setiap jenis tarian. Sebuah kostum akan membuat penari lebih enak dipandang dan para penari akan lebih percaya diri ketika menari diatas panggung. Setiap kostum memiliki makna dan arti yang datangnya dari warna atau aksesoris yang digunakan. Kemudian, kostum memiliki nilai dan keindahan yang menjadi satu kesatuan yang indah. Kostum juga dapat menutupi kekurangan atau sesuatu yang dapat merugikan tubuh para penari. Dengan perkembangannya yang sangat pesat, sangat banyak budaya dan kesenian yang hampir dilupakan oleh masyarakat saat ini. Sebab, teknologi saat ini menawarkan hiburan-hiburan yang sangat menarik dan lebih unik untuk digunakan sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang.

Dengan bantuan teknologi multimedia dan animasi, penulis ingin melakukan perancangan dan membangun sebuah aplikasi game sederhana berbasis flash yang bertujuan, selain menghibur anak-anak yang gemar bermain game dan juga ingin memperkenalkan tarian yang ada di Bali, adalah melalui game ini kita bisa mengenal beberapa pakaian-pakaian atau aksesoris yang digunakan dalam tarian adat Bali agar nantinya budaya-budaya ini kembali berkembang dan banyak generasi-generasi muda tidak melupakan budaya yang dimiliki dari daerahnya sendiri.

Kata Kunci : Aplikasi Game Pembelajaran, Tarian Adat Bali, Kostum Tarian Adat Bali, Adobe Flash


References


Andri Setiyawan, Bambang Eka Purnama, Sukadi.2012. PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 NGADIROJO.IJNS–Indonesian Journal on Networking and Security.Vol 10 no 1:33.

Domiscus Nunan Bonafix.2005.Animasi 3D Profesional dengan Maya .Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Galih Pranowo.2011.kreasi animasi interaktif dengan actionscript 3.0 pada flash cs5 .yogyakarta: Andi.

Ida Bagus Gede Surya Peradantha, SSn. Sejarah Tari Legong di Bali. http://www.isi-dps.ac.id/berita/sejarah-tari-legong-di-bali . Tanggal akses terakhir: 2 September 2014.

I Gusti Made Trisna Yoga.Aplikasi Multimedia Pembelajaran Network Security Pada STMIK STIKOM Bali berbasis flash.Denpasar.STMIK STIKOM Bali.

Iwan Binanto.2010.Multimedia DigitalDasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta : Andi Offset.

I Wayan Dibya, SST.Mengenal Beberapa Tari-Tarian Rakyat Di Bali.1979.ASTI Denpasar

Ivan C. Sibero. 2010 .Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta : MediaKom.

Komang Wery Kasnady. Pengembangan Game Leak Bali Berbasis Unity 3D. Denpasar. STMIK STIKOM BALI.

Madcoms.2011.Adobe Illustrator CS5 Untuk Pemula.Madiun:Andi Offset.

Madcoms.2011.Mahir Dalam 7 Hari Adobe FlashCS5.5.Yogyakarta:Andi Offsets.

Madcoms.2011.Panduan Belajar Coreldraw X5.Madiun.Andi Offset.

Prof. Dr. Jogianto HM, MBA., Ph.D.2005.ANALISIS & DESAIN SISTEM INFORMASI : Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis.Yogyakarta:Andi Offset.

Steven Anci Pascal.2010.Tip & Trik Office 2010.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

V. eny Iryanti.2000. TARI BALI : SEBUAH TELAAH HISTORIS (Bali Dance : A Historical Research). Harmonia : Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni. Vol. 1 No. 2

Wahana Komputer.2012.40 Kreasi Efek Menggunakan Adobe Photoshop CS6.Semarang : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.