Aplikasi Augmented Reality Puri Saren Ubud Gianyar Berbasis Mobile

A.A. Gde Adi Indrawan, I Gusti Ngurah Darma Paramartha, Gede Harsemadi

Abstract


Puri Saren Ubud (Ubud Palace) merupakan istana kerajaan Ubud Bali yang indah dengan rumah-rumah tradisional sebagai tempat kediaman Raja Ubud. Keberadaan puri ini menunjukkan jiwa serta identitas dari Desa Ubud  itu sendiri. Dilihat dari begitu tingginya potensi pariwisata yang dimiliki oleh Ubud khususnya Puri Saren Ubud, maka diperlukan inovasi untuk meningkatkan potensi yang telah dimiliki dan membantu memberikan informasi kepada pelaku pariwisata baik wisatawan maupun pebisnis pariwisata mengenai objek wisata yang terdapat di dalam Puri Saren Ubud. Adanya aplikasi Augmented Reality Puri Saren Ubud Gianyar Berbasis Mobile ini akan memberikan informasi mengenai isi dan bentuk dari bangunan yang ada pada Puri Saren Ubud yang dibuat berupa objek 3D. Perancangan aplikasi menggunakan aplikasi Autodesk 3D Max dalam pembuatan objek 3D. Coding dibuat dalam Unity4.3.4 agar apliksi dapat berjalan dengan marker, 

dimana marker dibuat dalam bentuk AR book yang berisi gambar dan penjelasan bangunan Puri Saren Ubud. Sehingga aplikasi yang telah dirancang mampu menampilkan objek 3D bangunan puri secara virtual yang menyerupai kondisi real.

Kata Kunci : Augmented Reality, Puri Saren Ubud, Objek 3D, Unity.


References


Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset. 2003.

Fernando, Mario. Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado:Buku AR Online. 2013.

Abdurrahman, Iqbal. Flow Map dan Data Flow Diagram (DFD).Semarang: Pemrograman. 2010.

Nugroho,Adi. 2009. “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java”. Yogyakarta: Andi Offset.

Nidhra, Srinivas, and Jagruthi Dondeti. “Black Box And White Box Testing Techniques—A Literatur Review.”International Journal of Embedded Systems & Applications 2.2 (2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.