Rancang Bangun Aplikasi Game Interaktif Satua I Lutung Teken Semal Berbasis Android

I Putu Indra Agastya Lupika Jaya, I Gusti Ngurah Darma Paramartha, Gede Harsemadi

Abstract


Kemajuan teknolgi di era globalisasi mengakibatkan kebudayaan daerah khususnya dibali hampir hilang karena kurangnya kesadaran untuk melestarikan budaya warisan nenek moyang dalam hal ini cerita atau satua bali. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat kembali satua bali  adalah dengan Cara penyampaian yang baru berupa game interaktif dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern. Dari inovasi tersebut, muncul suatu ide untuk merancang Aplikasi Game Interaktif Satua I Lutung Teken Semal Berbasis Adroid. konsep perencaan dan perancanganya melalui pengumpulan data dari literature cerita rakyat bali yang ber judul “I lutung teken semal”, Unifieded Modeling Langue (UML) dan selanjutnya mengimplementasikan. penelitian ini memfokuskan untuk menyatukan 

teknologi modern dan kebudayan daerah menjadi suatu aplikasi yang mampu melestarikan dan membantu penyampaian nilai-nilai budaya menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci : Game interatif, satua I lutung teken semal, Android


References


Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Bali Tingkat 1 Bali. 1999. Lutung Mungil II.

Rizal, Ibrahim. 2013 Rancang Bangun Game side-scrolling kisah pewayangan mahabrata berbasis html 5.: Skripsi STIMIK STIKOM-Bali

Ambara, Gede. 2009. Rancang Bangun Aplikasi Game Pengumbaran I Siap Selem Berbasis Flash. Denpasar : Skripsi STIMIK STIKOM-Bali.

Suprianto Dodit, Agustina Rini. Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta : Mediakom. 2013

Zammetti, Frankl. Learn Corona SDK Game Development. http://it-ebooks.info/book/2388. Diakses tanggal 18 juli 2014.

Varma, Jayant. 2013 . Learn Lua for iOS Game Development. New York : Apress Media

Madcoms. 2012 Pasti Bisa Belajar Sendiri Adobe Flash Pro cs5. penerbit andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.