APLIKASI FUZZY MULTI ATRIBUTE DECISION MAKING DENGAN METODE SAW DALAM PEMILIHAN CALON CUSTOMER SERVICE

Gede Yanti Arbawa, I Ketut Dedy Suryawan, Ni Luh Putri Srinadi

Abstract


Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Pemilihan CS membutuhkan banyak kriteria atau parameter dari banyak alternative yang tersedia, sehingga menyulitkan bagi sebuah perusahaan dalam pemilihan CS terbaik, oleh sebab itu dibutuhkan sebuah seistem berbasis komputer yang dapat membantu dalam pemilihan CS terbaik. Sistem pendukung keputusan adalah sebuah sistem yang menyerupai seorang pendukung keputusan, disini tentunya pendukung keputusan dalam pemilihan karyawan atau pendukung keputusan dalam penerimaan karyawan. Salah satu metode yang dapat dikembangkan untuk sistem pendukung keputusan ini adalah Fuzzy Multi 

Atribute Decision Making dengan teknik Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini akan membandingkan nilai masing-masing kriteria yang dimiliki oleh tiap alternative dan dihitung dengan pembobotan yang diberikan oleh SAW. Metode ini baik digunakan dalam pemilihan sebuah alternative dari banyak kemungkinan dengan hasil berupa rangking dari hasil nilai yang terbesar ke terkecil. Sistem ini akan mengelola data pelamar, nilai dari pelamar dan bobot masing-masing kriteria kemudian dilakukan seleksi dengan metode SAW yang hasil akhir dari perhitungan dengan metode SAW ini adalah ranking dari pelamar. Dengan adanya aplikasi ini, maka keputusan yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat membantu pimpinan sebuah perusahaan terhadap pemilihan calon customer service.

 

Kata kunci :  Customer Service, SAW, FMADM


References


Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 5. 2014

Pressman, Roger. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku1) (Edisi 7) . Yogyakarta : Andi Publisher. 2012

Kusumadewi, Sri. Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.