Aplikasi Pembelajaran Grammar Bahasa Jepang Berbasis Android

Ganda Satya Bramara, Luh Made Yulyantari, Ni Kadek Sumiari

Abstract


Saat ini penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan. Baik untuk keperluan berkomunikasi ataupun untuk pencarian informasi. Selain Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional salah satunya adalah Bahasa Jepang. Jepang merupakan salah satu negara maju dalam bidang teknologi. Selain itu, Jepang juga memiliki tradisi-tradisi kebudayaan yang menarik. Banyak peminat kebudayaan Jepang mulai mempelajari Bahasa Jepang. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan melalui media mobile device, yaitu Mobile Application berbasis android yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman java. Aplikasi ini dapat membantu untuk mempelajarai dan memahami grammar Bahasa Jepang dengan baik. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Metode waterfall digunakan sebagai acuan tahap pengerjaan sistem yang dilakukan secara berurutan yaitu tahap analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Dalam Implementasinya alpikasi ini dirancang dan didesain menggunakan Eclipse, ADT, SDK, Adobe Photoshop CS3 dan aplikasi ini melalui tahap pengujian program menggunakan metode blackbox. Program aplikasi pembelajaran grammar bahasa Jepang Berbasis Android ini dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Jepang bagi peminat bahasa Jepang.

 

Kata kunci: Aplikasi, Grammar, Bahasa Jepang, Android.


References


Hendrayudi. 2009. VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Triatno. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Gagne, R.M & Briggs, L.J. 1997. The Condition Of learningand Theory Of Instruction. New York: Rinehort and Winston.

Syamsuddin, A.R. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. 1986.

Ahmad Hasnan, 2008. Bahasa Jepang Untuk Pemula. Jakarta:

Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.

Nikodemus WK. Step by Step Menjadi Programmer Android. Yogyakarta: Andi. 2013.

Hernita P. Android Programming With Eclipse. Yogyakarta: Andi. 2013.

Rosa A.S, Shalahudin M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2013.

3A Corporation. Minna No Nihongo. Tokyo, Japan: International Mutual Activity Foundation. Surabaya. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.