IMPLEMENTASI SENTRALISASI MULTIPLE LOG SERVER BERBASIS OPEN SOURCE

Pande Wira Andika, Putu Gede Krisna Juliharta, Dandy Pramana Hostiadi

Abstract


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer, server didukung dengan sistem operasi khusus server. Sebuah website yang diakses oleh banyak user melalui internet, bayangkan sistem operasi open source yang memiliki banyak layanan sebagai server dari sebuah website jika server melakukan sebuah pencatatan berkas log yang berbeda-beda tentunya akan membingungkan administrator. Dan jika dilihat dari sisi keamanan jaringan, log pada setiap server dapat menimbulkan kerentanan terhadap server yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk hal yang bersifat merugikan.  Dengan adanya Metode pemusatan log dapat membantu para administrator untuk dapat mengetahui secara langsung kejadian-kejadian yang terjadi pada semua server yang melayani sebuah website dengan satu sistem pencatatan log terpusat dengan waktu dan tempat yang fleksible.Tujuan Penelitian ini adalah untuk membangun pengelolaan berkas log menggunakan tools rsync dan syslog, memonitoringnya secara real time menggunakan sebuah aplikasi berbasis web bernama log analyzer. Metode yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini dimulai dengan membuat Flowchart, selanjutnya mempersiapkan sistem operasi beserta layanan yang diberikan pada setiap server. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah server yang dapat memonitoring log dari server layanan dan log server dapat melakukan backup log secara otomatis menggunakan skrip Bash yang dijalankan oleh aplikasi penjadwalan crontab.

 

Kata kunci: Log, Sentralisasi log Server, Syslog, Rsync, Bash

 


References


Athailah. Ubuntu Server: Panduan Singkat dan Cepat. Jakarta: Jasakom. 2013

Cartealy I. Linux Networking (Ubuntu, Kubuntu, Debian, dll). Jakarta: Jasakom. 2013

Wahana Komputer. Konssep dan Implementasi Jaringan dengan Linux Ubuntu.Yogyakarta: C. V Andi Offset. 2014

Desy Lukitasari, Ahmad Fali Oklilas. Analisis Perbandingan Load Balancing Web Server Tunggal Dengan Web Server Cluster Menggunakan Linux Virtual Server. Jurnal Generic. 2010; Vol.(5): 31 – 34.

Defini, S.Si, M.Kom, Cipto Prabowo, MT. Perancangan Dan Implementasi Data Loss Prevention System Dengan Menggunakan Network Attached Storage. Jurnal TEKNOIF. 2013; Vol.(2): 44 – 50.

Suparwita I Putu Eka. Implementasi Sistem Backup Otomatis Virtual Private Server Dengan Otomatis. Jurnal Elektronik Ilmu komputer. 2012; Vol(1): 29 - 34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.