IMPLEMENTASI LAYANAN SAAS (SOFTWARE AS A SERVICE) PADA SISTEM INFORMASI SALON PENGANTIN ADAT BALI

Sagung Putri Ayu Laras Ningsih, Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari sarja, I Gusti Ayu Sri Melati

Abstract


Pernikahan adalah salah satu upacara yang sakral bagi calon pengantin, khususnya di Bali pernikahan atau upacara persaksian ke hadapan Tuhan Yang Maha Esadan kepada masyarakat bahwa kedua orang yang bersangkutan telah mengikatkan diri sebagai suami-istri dengan tujuan membentuk 

suatu keluarga yang bahagia dan abadi selamanya hingga akhir usia. Sistem yang akan dibangun berbasis web dengan mengimplementasikan konsep cloud computing pada layanan software as a service. Dengan demikian setiap salon dapat meminimalisir biaya untuk pengembangan sistem karena layanan ini dapat dimanfaatkan hanya dengan menjadi member. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan data dan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik usaha salon. Selain itu sistem yang berbasis web akan memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.. Software as a Service merupakan salah satu layanan dari cloud computing. Software as a Service merupakan salah satu model penyampaian dari perangkat lunak yang dikembangkan oleh suatu perusahaan TI yang mengembangkan aplikasi web untuk digunakan oleh pengguna melalui internet. Dengan demikian setiap salon dapat meminimalisir biaya untuk pengembangan sistem karena layanan ini dapat dimanfaatkan hanya dengan menjadi member.

 

Kata kunci : Layanan SaaS, Sistem Informasi, Salon Pengantin Adat Bali.

 

 

 


References


Hernita P. 2011. Kupas Tuntas Bermacam Aplikasi General Cloud Computing. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Elcom. 2012. Cloud Computing Aplikasi Berbasis Web Yang Mengubah Cara Kerja Dan Kolaborasi Anda Secara Online. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Kadir A. 2002. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Simamarta, Janner. 2005. Pemrograman Web, Yogyakarta: Penerbit ANDI

Sutanta, Edhy. 2005. Sistem Basis Data, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sigit, Ponco W.Ir. 1999. Analisa dan Perancangan Sistem. Jakarta. Mondail Nusa Grafika.

Bokau, F. C. (2008). Teknologi JavaServer Faces. Jurnal Sistem Informasi Vol. 3 No. 1, 21-38

Ibrahim, N. (2007). Pengembangan Aplikasi Semantic Web Untuk Membangun Web Yang Lebih Cerdas. Jurnal Informatika, Vol. 3, No. 1, Juni 2007:27-39.

Nazrul, A (2010). Rancang Website dan Profil Usaha Advertising Menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Amik Sigma.

Constantitianus, F., & Suteja, B. R. (2005). Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Ahkir Berbasis Web Dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi. Jurnal Informatika UKM, Vol. I, No. 2, 93-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.