KOMPARASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Putu Juniawan, Luh Gede Surya Kertika, Ni Komang Sri Julyantari

Abstract


Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem interaktif yang mendukung keputusan dalam proses pengambilan keputusan melalui alternatif – alternatif yang diperoleh dari hasil pengolahan data. Banyak metode yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan dan banyak masyarakat tidak mengetahui perbedaaan bila sistem pendukung keputusan diterapkan dalam sebuah program. Sehingga perlu diadakan sebuah penelitian untuk mengetahui perbedaan metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan 

Weighted Product (WP) merupakan metode yang terdapat dalam sistem pendukung keputusan yang dapat dianalisa perbedaannya karena menggunakan inputan data yang sama dalam proses pengolahan datanya. Analisa ini menggunakan program system pendukung keputusan tingkat kecanduan rokok berbasis web dengan variabel pembanding yaitu Line Of Code, Cyclometic Complexity dan waktu komputasi. Hasilnya metode simple additive weighting lebih sedikit jumlah baris kode programnya dan lebih cepat waktu komputasinya, walaupun dari pengujian kedua variabel tidak terlalu signifikan sehingga bias dianggap sama, untuk Cyclometic Complexity metode Simple Additive Weighting lebih sedikit dari metode Weighted Product.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Addtive Weighting (SAW),Weighted Product (WP), Line Of Code (LOC), Cyclometic  Complexity.

 

 


References


. Suryo Sukendro. Filosofi Rokok, Sehat, Tanpa Berhenti Merokok. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.2007.

. Yumaria. Bye bye Smoke, Buku Panduan Ampuh untuk berhenti Merokok. Jakarta: Nexx Media. 2002.

. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan.

. Indah Kumala S, Yohana Dewi Lulu W, Kartika Diah K. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Gudang di Perusahaan dengan Metode Wighted Product.

. Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, 2007.

. Jean Morrissey, Jenm, Brian Keogh, Louise Doyle. Psychiatric Mental Health Nursing. 2008. Dekker. hlm. 289.

. Sitepoe M. Usaha Mencegah Bahaya Merokok. Jakarta: Gramedia. 1997.

. JAY Graylin, E.HALE Joane, K.SMITH Randy, HALE David, A. KRAFT Nicholas, WARD Charles. Cyclometic Complexity and Lines of


Refbacks

  • There are currently no refbacks.