SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEPALA TOKO CIRCLE-K BALI DENGAN METODE AHP BERBASIS WEB

I Gusti Ayu Dewi Suryani, Dian Pramana, I Nyoman Yudi Anggara Wijaya

Abstract


PT. Circleka adalah perusahaan yang bergerak di bidang retail dengan konsep convenience store. Retail berarti menjual barang secara eceran. PT. Circleka merupakan salah satu penjual dimana cara pemasaran produknya meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi. Pertumbuhan suatu toko sangat dipengaruhi oleh jumlah tokonya yang berkembang. Dengan bertambahnya jumlah toko, maka bertambah pula jumlah karyawan yang bekerja, baik sebagai karyawan csr maupun kepala toko (store supervisor). Karyawan yang berprestasi akan diangkat ke jenjang yang lebih tinggi yang disebut kepala toko/store supervisor (ss). Selain jumlah yang banyak, keheterogenan karyawan juga semakin komplek sehingga sangat sulit memilih karyawan yang berprestasi menurut manajemen dan sulitnya menentukan prioritasnya. Dalam pemilihan Kepala Toko oleh Departemen Operasional di PT Circleka terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja/ performance karyawan, masa kerja karyawan, serta absensi/kehadiran karyawan. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Oleh sebab permasalahan itu, maka diterapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk merancang sistem penilaian kinerja karyawan yang digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan di Circle-K. Setelah dilakukan pengujian 

dan analisis dengan melibatkan perhitungan secara manual, dapat diketahui bahwa hasil yang didapat dari perhitungan sistem sama dengan perhitungan manual. Sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membantu pihak management untuk melakukan pemilihan kepala toko berikutnya.

Kata Kunci : Pemilihan Kepala Toko, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process.

 

 


References


Suteja Febi Darmawan. 2006. ”Modul Training Circle-K”. Jakarta: Penerbit Tri Prasetyo.

Ting-Peng Liang. 2005. “Decision Support System and Intelligent System” . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hermawan Julius. 2005. ”Membangun Decision Support System” Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Thomas L. Saaty, Luis G. Vergas. 2012. “Models, Methods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarcy Process”. New York: Penerbit Springer Science.

MADCOMS. 2009. ”Aplikasi Program PHP dan Ms.SQL Untuk Membuat Website Interaktif”. Yogyakarta: Penerbit ANDI OFFSET.2004..

Sutabri T. Analisa Sistem Informasi. ANDI OFFSET. 2004.

Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. 2004. “Metode Desain dan Analisis Sistem Edisi 6” . Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.