Rancang Bangun Game I Kambing Takutin Macan Dengan Bahasa Lua Berbasis Android

I Md. Restu Pebi Rianada, I G K G Puritan Wijaya ADH, I Nyoman Yudi Anggara Wijaya

Abstract


Dalam masyarakat Bali banyak tersebar cerita-cerita rakyat. Cerita rakyat di Bali sering disebut dengan Satua Bali, namun sayang keberadaan Satua Bali saat ini sangat minim dan para orang tua pada jaman sekarang jarang menceritakan Satua Bali kepada anaknya padahal Satua Bali merupakan warisan leluhur yang patut dijaga dan dilestarikan kebudayaannya, salah satunya cerita I Kambing Takutin Macan. Dengan mencoba mengaplikasikan tentang cerita rakyat Bali ke dalam bentuk permainan dengan judul “Rancang Bangun Game I Kambing Takutin Macan Dengan Bahasa LUA Berbasis Android” dapat mempermudah penyampaian cerita rakyat Bali kepada masyarakat luas. Metode yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data dari literature Game I Kambing Takutin Macan, Unified Modeling Language (UML), pengujian sistem dan selanjutnya mengimplementasikannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game I Kambing Takutin Macan yang memfokuskan penyampaian cerita serta memainkan game berdasarkan cerita.

 

Kata kunci: Game, Cerita Rakyat Bali, I Kambing Takutin Macan, Android.

 


References


Supatra, I.N.K. Satua Bali 1 Kambing Takutin Macan. Denpasar : CV. KAYUMAS AGUNG. 2010.

Sibero, Ivan C. Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta : MediaKom. 2009.

Henry, Samuel. Cerdas Dengan Game. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Murya, Yosef. Pemrograman Android Black Box. Jasakom. 2013.

S, Rosa A. dan M. Shalahuddin. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung. 2013.

Williams, Daniel. Corona SDK Application Design. http://it-ebooks.info/book/2944. Diakses tanggal 20 november 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.