APLIKASI PANDUAN FASILITAS RUANGAN MEMANFAATKAN QR CODE BERBASIS ANDROID DAN WEB SERVICE. STUDI KASUS : BALI NUSA DUA CONVENTION CENTER

Ryan Oktavianus Kedeo, I Made Darma Susila, Ricky Aurelius Nurtanto Diaz

Abstract


Tamu, klien maupun organiser yang ingin mengadakan sebuah acara di BNDCC akan diberikan sebuah dokumen dan media berupa CD/DVD untuk menjelaskan setiap ruangan pertemuan serta fasilitas pendukung lainnya. Untuk mempermudah proses tersebut, serta berusaha meminimalisasi biaya maka akan dibangun sebuah aplikasi pada smartphone dengan sistem operasi android sehingga pengguna dapat langsung mendapatkan semua informasi detail melalui smartphone mereka. Dalam mengoptimalkan kecepatan dan ketepatan informasi yang akan diterima oleh pengguna, maka dalam aplikasi ini akan dibantu dengan menggunakan perangkat kamera sebagai alat pemindai label QR Code yang menghasilkan link untuk menuju web service penyedia data pada sisi server. Pada tahap analisa sistem dilakukan pengumpulan data, kemudian perancangan sistem pada aplikasi dilakukan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Pada tahap implementasi sistem dilakukan pembuatan aplikasi sesuai dengan rancangan yang telah dibuat dan diakhiri dengan pengujian dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini membantu pihak penjualan BNDCC dalam pengolahan data informasi, data agenda, data berita, data ruangan, data foto, data video, mencetak label qr code untuk setiap ruangan, serta melihat transaksi pemesanan ruangan yang dilakukan oleh user. Dari sisi klien, informasi terbaru tentang ruangan yang ada serta fasilitas pendukung lainnya dapat diakses dengan cepat dan praktis cukup melalui smartphone android-nya, selain itu juga aplikasi ini dilengkapi dengan menu untuk melakukan pengecekan ketersediaan ruangan serta pemesanan ruangan.

 

Kata Kunci : Android, Web Service, QR-Code, Bali Nusa Dua Convention Center


References


Kusrini: Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan.Yogyakarta: Andi Offset; 2007.

Dr. Jun Murai, Dr. Hideki Sunahara, Dr. Hirosi Esaki: Broadband Deployment in Japan. Jepang: Ohmsa ltd; 2008.

Susanto Stephanus, Hermawan: Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset; 2011.

Edy Winarto ST. M.Eng, Ali Zaki: Membuat sendiri Aplikasi Android untuk Pemula.Yogyakarta: SmitDev Community; 2011.

Martin Fowler: UML Distilled 3th Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Berorientasi Objek Standar.Yogyakarta: Andi Offset; 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.