PENGENALAN PERANGKAT FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI BERBASIS AUGMENTED REALITY

I Putu Agus Ardiana, I Komang Rinartha Yasa Negara, I Gede Harsemadi

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi smartphone seperti Android, Windows Phone, BlackBerry dan iOS membuat teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mendukung suatu usaha di bidang pemasaran seperti Gudang Kamera Bali. Gudang Kamera Bali merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang penjualan peralatan fotografi dan videografi. Dalam pemasaran Gudang Kamera Bali menggunakan radio, koran, website, brosur, majalah dan lain-lain sebagai media promosi untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. Dari latar belakang tersebut, muncul suatu ide untuk menambahkan teknologi Augmented Reality khusunya pada majalah Gudang Kamera Bali. Perancangan sistem tersebut menggunakan UML dan selanjutnya mengimplementasikannya. Hasil dari sistem ini dapat membantu proses pemasaran dan agar terlihat lebih menarik dan dapat memberikan tambahan pengaruh positif terhadap brand Gudang Kamera Bali. Data – data yang digunakan untuk penelitian di ambil melalui beberapa metode, metode wawancara, metode obeservasi dan metode literature yang nantinya diolah kedalam aplikasi augmented reality dengan tampilan yang menarik dan menakjubkan. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penyajian berbasis augmented reality sebagai media promosi dapat lebih menarik,menakjubkan dan canggih. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Gudang Kamera Bali dalam mempromosikan produk peralatan fotografi dan videografi di bali.

Kata Kunci : Augmented Reality, Pemasaran, Animasi 3D, Android.

 


References


Sulistyo, Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2005

Yuri Yudhaswana Joefrie, Yusuf Anshori. Teknologi Augmented Reality, Palu : Mektek. 2011

H. Safaat, Nazaruddin. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Informatika 2011.

Adhi Dharma Suriyanto. Modul Pengenalan 3DS Max & Flash mx, Bina Sarana Informatika. 2005

Joko Hendro Samodro. Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality, Perpustakaan Universitas Gunadarma. 2011

Darmawan, Erico, Laurentius Risal. Pemrograman Beorientasi Objek C#. Bandung: Penerbit Informatika

Martin ,Fowler, UML Distilled Edisi 3, Panduan singkat tentang bahasa pemodelan objek standar,Penerbit Andi, Yogyakarta,2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.