Pengembangan Aplikasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Studi Kasus Pada Koperasi Dharma Siaga

Arbiansyah Arbiansyah, I Made Adi Purwantara, Erma Sulistyo Rini

Abstract


Koperasi Simpan Pinjam Dharma Siaga (Kospin Dharma Siaga) adalah koperasi yang melayani masyarakat dalam bidang jasa simpan, pinjam, dan usaha lainnya. Dari sekian banyak produk yang ditawarkan, kredit merupakan sumber pertama penghasilan sekaligus sumber resiko operasi bisnis terbesar, karena sebagian besar dana operasional koperasi diputar dalam bentuk kredit.Kredit berasal dari bahasa romawi, yaitu “credere”, yang berarti kepercayaan. Kredit merupakan perjanjian pinjam meminjam uang antara kreditur dan debitur dalam jangka waktu tertentu dan adanya pengembalian uang disertai dengan bunga pinjaman. Koperasi ini mempunyai beberapa cara untuk menentukan variabel nasabah yang bisa dipakai untuk menganalisa dapat tidaknya seorang nasabah diberikan pinjaman seperti karakter, pekerjaan, jenis jaminan, status kredit, jenis kelamin, tujuan pinjaman, usia, biaya pengeluaran, plapond, bunga, jangka waktu pinjaman. Data–data ini selanjutnyaakan dipakai sebagai pertimbangan pengajuan kredit.  Selama ini proses pengajuan kredit nasabah masih dilakukan secara manual, dengan nasabah datang langsung ke kantor, dan menanyakan informasi pengkreditan pada pegawai dari Kospin Dharma siaga. Hal ini tentu akan menghabiskan waktudan tenaga bagi para nasabah dan pegawai kariawan. Di karenakan kurangnya informasi dari Kospin Dharma siaga tentang layanan pengkreditan sehingga dalam pemasaran pengkreditan dari Kospin Dharma siaga  megalami hambatan maka penulis membantu mencarikan solusi untuk pegawai dan nasabah dalam proses pengajuan kredit agar menghemat waktu dan tenaga dari kedua belah pihak. Dibuatlah suatu sistem informasi pengajuan kreditan berbasis web untuk membantu kemudahan dalam mencari informasi dan pengajuan kredit. Manfaat teknologi sistem informasi ini di buat bertujuan agar bisa membantu memudahkan pekerjaan manusia dalam hal ini pegawai Koperasi Dharma Siaga dan nasabah Koperasi Dharma Siaga dalam membantu informasi pengkreditan.

 

Kata Kunci : Pengajuan Kredit, Sistem Informasi, Web


References


Ni Ketut Warastini, Implementasi The Five C’S Of Credit Analysis Pada Sistem Informasi Pencairan Kredit KSU Nawa Eka Cita Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayesian. 2011.

Gary B. Shelly dan Harry J. Rosenblatt. Systems Analysis and Design. Cengage Learning. 2011

Supramono, Gatot Perbankan dan Masalah Kredit Suatu Tinjauan Yuridis, Djambatan, Jakarta. (2009).

James A. O’Brien. Management Information Systems. McGraw-Hill. 2008.

Efraim Turban. Decision Support and Expert Systems: Management Support Systems. NJ: Prentice Hall. 2010.

Yudi Agusta, A note on Naive Bayes. Another method for classification based on Bayesian Theory. (2008).

Riyanto. Pengembangan Aplikasi Manajemen Database dengan Java 2. Yogyakarta: Gava Media. 2008.

Tim Boudreau, Jesse Glick, Simeon Greene, Vaughn Spurlin, Jack J. Woehr. NetBeans: The Definitive Guide. O'Reilly Media, Inc. 2012.

Kadir A. Dasar Pemrogaman Web Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi. 2008.

Kustiyahningsih,Yeni. 2011. “Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL”. Jakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.