PEMANFAATAN RFID UNTUK PEMBELIAN PULSA LISTRIK PRABAYAR

Satrya Flymertho Luik, Muchammad Naseer, I Nyoman kusuma wardana

Abstract


Tujuan dari penulisan penelitiani ini adalah membuat suatu program berbasis komputer khususnya untuk sistem pembelian pulsa listrik prabayar, adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pengguna ataupun pemilik kartu listrik prabayar dalam membeli pulsa listrik yang akan dimasukan kedalam meteran listrik prabayar, dengan menggunakan pemprograman Microsoft Visual Basic.Net 2010 dan memanfaatakan teknologi RFID yang digunakan hanya pada band frekuensi rendah 125 KHZ yang berguna dalam pengelolaan data pelanggan listrik yang akan melakukan transaksi pembelian pulsa listrik. Dengan hal ini penulis ingin membuat program aplikasi sistem transaksi pembelian pulsa listrik yang dapat menghindari adanya perbedaan jumlah kWh yang didapat pelanggan dalam setiap transaksi. Metode yang penulis gunakan dalam memperoleh data-data dan informasi yang dibutuhkan adalah metode yang meliputi pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan studi literatur, metode analisis yaitu dengan melakukan survei yang sedang berjalan, dan metode perencanaan. Sistem ini memanfaatakan teknologi RFID hanya sebagai metode untuk bertransaksi antara pengguna dengan sistem, dimana setiap pelanggan memiliki sebuah kartu yang berfungsi sebagai tag yang akan berkomunikasi dengan sistem melalui reader. Kesimpulan yang dapat penulis ambil yaitu dengan adanya analisis dan perencanaan aplikasi sistem pembelian pulsa listrik ini, maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan pulsa listrik.

 

Kata kunci : Sistem Listrik prabayar, pulsa listrik, RFID, tag, reader


References


Daniel Kurniawan, 2009, Implementasi RFID pada perpustakaan, Jurnal, Universitas BINUS Jakarta.

Jogiyanto, HM, 2005, “Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis ”, penerbit Andi publisher.

Westriningsih, 2010 , Visual Basic 2010 Source Code , Yogyakarta : Penerbit Andi.

Djon Irwanto, 2012, Perancangan Object Oriented Software dengan UML,

Penerbit Yogyakarta : Andi.

Usman, 2008 , Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler ATmega328 , Yogyakarta : Penerbit Andi.

Helmi Guntoro, Yoyo Somantri, Erik Haritman , 2013, Rancang

Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Jurnal, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FPTK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

PLN. 2012. Buku Petunjuk Pemakaian Listrik Pintar. Jakarta: PLN.Winong, Renati. Cepat Menguasai visual studio.net 2008 expresss.Yogyakarya: Andi offest. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.