PERBANDINGAN KINERJA METODE SAW DAN AHP PADA SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU BERBASIS WEB (Studi Kasus : SMA Negeri 2 Mengwi)

I Putu Nova Ari Raditya, Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, I Gede Muriarka

Abstract


Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan 

penilaian kinerja guru yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu.

Untuk dapat menghasilkan laporan yang akurat, tentu saja dibutuhkan suatu metode yang dapat melibatkan banyak komponen atau kriteria yang dinilai (multi kriteria), sehingga dalam penyelesaiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan multikriteria. Metode sistem pendukung keputusan yang multikriteria antara lain yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting(SAW), namun keduanya mempunyai metode pengukuran yang berbeda-beda. 

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah membandingkan metode SAW dengan metode AHP dimana pada Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ini melibatkan banyak kriteria dan sub-kriteria. Kriteria serta sub-kriteria tersebut dapat ditambah ataupun dikurangi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Disamping itu, pada masing-masing kriteria tersebut dapat ditentukan jumlah bobotnya sehingga penilai dapat memprioritaskan bobot yang dirasa penting.

 

Kata Kunci : Penilaian Kinerja Guru, SAW, AHP.

 


References


Syamsi, I, Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi, Bumi Aksara, Jakarta, 2005

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008.

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006

Sidik, Betha, Pemrograman Web Dengan HTML, Penerbit Informatika, Bandung, 2002.

Andi, Menguasai HTML, CSS, PHP, dan My SQL melalui Dreamwever, MADCOMS, Yogyakarta, 2003.

Teguh Wahyono, 36 jam Belajar Komputer Pemrograman Web Dinamis dengan PHP 5, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.

Ariesto Hadi Sutopo, Analisis Dan Desain Berorientasi Obyek, J&J Learning Yogyakarta, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.