SISTEM IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SOSIAL MASYARAKAT BALI BERBASIS WEB

Bayu Satrya Karya, Yudi Agusta, Ni Nyoman Utami Januhari

Abstract


Arus globalisasi telah mempengaruhi tata kehidupan sosial masyarakat Bali dewasa ini. Hampir semua lini dalam kehidupan masyarakat Bali dipengaruhi oleh perkembangan global yang sulit untuk dikendalikan. Perkembangan jumlah penduduk di Pulau Bali pun dewasa ini berkembang sangat pesat. Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, membuat Bali banyak mengalami masalah sosial yang berpengaruh dan mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat. Kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. Tujuan dibangunnya sistem ini adalah bagaimana mengembangkan sebuah sistem identifikasi permasalahan sosial masyarakat Bali yang terintegrasi dengan google map. Dengan adanya aplikasi Sistem identifikasi ini, permasalahan sosial yang ada dapat dikategorikan sesuai dengan permasalahan dan dapat dipetakan per wilayah (kabupaten/kota). Penelitian ini memfokuskan pada tampilan peta pemetaan permasalahan sosial menurut kategori per wilayah (kabupaten/kota) sehingga mampu memberikan gambaran tentang permasalahan yang terjadi di suatu daerah. Hasil dari sistem identifikasi ini dapat berorientasi jangka panjang dan jangka pendek sebagai referensi tambahan yang terintegrasi untuk pengambilan sebuah keputusan ataupun solusi.

 

Kata kunci: Permasalahan Sosial, Bali, Kategori, Wilayah, Google Map


References


. Pitana, I Gede. Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Bali, Denpasar: Bali Post. 1994.

. Gary B. Shelly dan Harry J. Rosenblatt. Systems Analysis and Design. Cengage Learning. 2011.

. Paul B., Horton and Gerald R., Leslie. The Sociology of Social Problems. Appleton: Century crofts. 1984.

. Pincus, Allen and Anne, Minahan. Social Work Practice: Model And Method. Madison: F.E. Peacock Publishers, Inc. 1973.

. Adi Wibowo , Frans. Sistem Informasi Geografis Tic (Tourism Information Center) Kabupaten Jepara Berbasis Web Dengan Google Maps Api V3. Undergraduate Thesis, Universitas Stikubank ( Unisbank ) Semarang. 2012.

. John Cheesman dan John Daniels. UML Components: A Simple Process for Specifying Component-Based Software. NJ: Addison-Wesley. 2001.

. Carlo Batini, Stefano Ceri, Sham Navathe. Conceptual Database Design: An Entity-Relationship Approach. Benjamin/Cummings Pub. Co. 1992.

. Girdley, Michael dan Jones, Kathryn A. Web Programming With Java. Indianapolis: Sams Net. 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.