AUGMENTED REALITY PENGENALAN ARSITEKTUR DAN ORNAMEN BANGUNAN BALI BERBASIS ANDROID

I Wayan Agus Sudartika, I Made Adi Purwantara, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract


Pulau Bali adalah pulau yang sangat terkenal dengan budaya, pemandangan alam yang indah dan yang paling mencirikan Bali adalah Arsitektur Bali. Keunikan arsitektur Bali dipilih sebagai acuan dalam membangun, karena “Asta Kosala Kosali” yang banyak digunakan dalam arsitektur dan jasa konstruksi di Bali. Asta Kosala Kosali kemudian dijadikan acuan dasar dalam setiap membangun apapun di Bali. Aturan Asta Kosala Kosali terbagi menjadi 2 bagian utama, yakni Asta Kosala dan Asta Bumi. Setiap ruang di Bali terbagi menjadi 3 yaitu Wilayah Utama Mandala, Wilayah Madya Mandala,  Wilayah Nista Mandala. Ornamen merupakan dekorasi yang digunakan untuk memperindah bagian dari sebuah bangunan atau obyek. Ornamen arsitektural dapat diukir dari batu, kayu atau logam mulia, tanah liat. Augmented reality atau yang biasa di singkat menjadi (AR) merupakan suatu pengelihatan secara langsung, lingkungan di sekitar kita, dengan menggunakan Generate Sensor yang berhubungan dengan konsep yang di sebut “Mediated Reality”, yang mana view dari sebuah realitas di ubah oleh sebuah device, augmentasi adalah sebuah realtime konvensional. Mempelajari Ornamen Bangunan Bali, yaitu dengan teknologi yang menggabungkan benda maya  2 dimensi atau 3 dimensi ke lingkungan nyata. Perancangan sistem dengan metode pemodelan berorientasi objek, dengan menggunakan tools UML(Unified Modeling Languange). Aplikasi ini akan berjalan pada sistem operasi Android, sehingga memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dimanapun mereka berada. Dengan dibuatnya aplikasi ini yang berjudul “OrnamenAR” maka pengguna bisa mempelajari tentang Ornamen Bangunan Bali secara menarik karena akan memunculkan objek 3 dimensi tepat diatas buku penanda atau marker yang digunakan.

 

Kata Kunci : Augmented Reality, Ornamen, Arsitektur, Android, Objek Tiga Dimensi.

 


References


G.Shiva, N.R.Raajan. 2013 "Augmented reality: The future tense of 3D Advertisement." International Conference on Computer Communicationand Informatics. Coimbatore: IEEE.

Rickman Roedavan. 2014 “Unity Tutorial Game Engine”, Informatika Bandung.

Nazruddin Safaat H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung. Bandung

I Ketut Nadia, I Nyoman Prastika. 2008. Arsitektur Tradisional Bali. Widya Dharma.

Lethbridge, Timothy C, Robert Laganiere (2001). Object-Oriented Software Engineering: Practical Software Development Using UML and Java. NewYork: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.