PENERAPAN MIKROKONTROLER PADA GAMELAN BALI ELEKTRONIK

I Gede Alit Yoga Sedana, I Nyoman Kusuma Wardana, Ricky Aurelius Nurtanto Diaz

Abstract


Gamelan Bali merupakan alat musik tradisional Bali yang sering digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan seperti dewa yadnya, pitra yadnya, rsi yadnya, dan manusa yadnya. Gamelan memiliki beberapa kekurangan yaitu memiliki bobot yang berat, selain itu pembelian satu set gamelan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, dan untuk mengatur melodi atau nada yang diinginkan gamelan harus dibongkar terlebih dahulu. Pada penelitian ini, gamelan elektronik menggunakan mikrokontroler untuk mengontrol kerja sistem gamelan elektronik. Perangkat lunak MATLAB digunakan untuk mengolah suara gamelan. Penelitian ini membandingkan tiga sensor yaitu Piezo Disk Vibration, FSR (Force Sensitive Resistor), dan pushbutton untuk mendapatkan tingkat sensitivitas dan keberhasilan sensor yang baik pada saat ditekan. Hasil dari pengjian tiga sensor didapatkan Piezo Disk Vibration dengan tingkat keberhasilan 74%, FSR (Force Sensitive Resistor) dengan tingkat keberhasilan 19%, dan Pushbutton dengan tingkat kerberhasilan 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pushbutton dipilih sebagai sensor pada gamelan elektronik. Selanjutnya dilakukan pengujian daerah bilah-bilah yang merupakan tempat sensitif pada saat bilah-bilah ditekan. Dari pengujian tersebut didapatkan hasil pada ujung atas, tepipada sebelah kiri, dan pada bagian tengah merupakan daerah bilah-bilah gamelan sensitif pada saat ditekan.


Kata kunci: Gamelan Electronik, Piezo, FSR, Pushbutton


References


Pardue, L. S. Gamelan Elektrika: An Electronic Balinese Gamelan. Proceedings of the International Conference on New Interfaces for Musical Expression, 2011.

Arduino product . Arduino. Diambil kembali dari Arduino.cc: http://Arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardMega2560, 2014.

Yelfianwar, I. Piezoelektrik, 2010.

FSR. Force Sensing Resistor Integration GUIde and Evaluation Parts Catalog. InterlinkElectronics. Diambil kembali dari: https://www.sparkfun.com/datasheets/Sensors/Pressure/fsrGUIde.pdf, 2015.

D. Anton, Interaksi Arduino dan LabVIEW, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

Artanto, Dian, Interaksi Arduino dan LabView, PT Elexmedia Computindo, Jakarta,(2012).

S. Edhy, Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual, Yogyakarta: Andi, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.