Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Media Augmented Reality Pada Platform Mobile

Teguh Hari Martha, I Gusti Ngurah Darma Paramartha, Dedy Panji Agustino

Abstract


Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui, salah satunya adalah agama Islam. Agama Islam memiliki dua pegangan hidup, yaitu Alqur-an dan Sunnah Nabi. Dalam penulisan kedua pegangan hidup umat Islam ini ditulis dalam bahasa Arab dengan menggunakan huruf Hijaiyah. Huruf Hijaiyah adalah huruf-huruf yang dimulai dari huruf “alif sampai dengan ya. Saat ini pembelajaran huruf Hijaiyah baru terdapat pada buku-buku pembelajaran (Iqra’). Orang yang ingin mempelajari huruf Hijaiyah harus membeli buku tersebut. Hal tersebut mengurangi minat masyarakat untuk mempelajari huruf Hijaiyah karena efesiensi waktu berkurang. Kemudian hal ini menimbulkan ide untuk menciptakan suatu aplikasi mobile untuk memecahkan masalah yang ada saat ini, termasuk mengatasi masalah dalam pembelajaran huruf Hijaiyah. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu sistem berbasis multimedia yang terkomputerisasi. Salah satunya sistem mobile yang dimaksud adalah AR (Augmented Reality). Augmented Reality merupakan penggabungan antar dua dunia, dalam kata lain benda dalam dunia maya dapat kita tampilkan ke dunia nyata. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya diawali pengumpulan data, Use Case Diagram, Expanded Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class DiagramFlow Chart, dan selanjutnya mengimplementasikannya. Hasil dari aplikasi ini akan membantu anak-anak mengetahui secara menyeluruh tentang huruf Hijaiyah.

 

Kata Kunci : Augmented Reality, Huruf Hijaiyah, Android, Aplikasi

 


References


M. Fernando, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity, Manado: BUKU AR ONLINE. 2013

Adi Nugroho, Yos Richard Beeh, Hettyca Atuningdyas. 2009. Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Salatiga). Jurnal Informatika Vol. 10. 2009 :12

S. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.