Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Daerah Penanaman Kayu Albesia di Bali dengan Metode Weighted Product

I Wayan Pujana Eka Putra, Luh Gede Surya Kartika, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract


Abstrak

Kayu albesia adalah bahan dasar kerajinan kayu yang paling banyak digunakan oleh pengrajin kayu di bali, alasan utamanya adalah karena waktu tanam kayu albesia yang relatif singkat. Untuk menghasilkan kayu yang berkualitas dan dapat dipanen tepat waktu, menentukan lokasi yang cocok sangat penting dilakukan. Untuk menentukan lokasi yang cocok untuk penanaman kayu albesia tersebut, terdapat banyak kriteria yang dijadikan acuan. Salah satu metode sistem pendukung keputusan yang dapat memecahkan persoalan dengan multi kriteria adalah metode Weighted Product. Pada penelitian ini akan dibangun suatu Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Daerah Penanaman Kayu Albesia di Bali dengan Metode Weighted Product. Sistem ini diharapkan dapat membantu petani dalam pengambilan keputusan menentukan lokasi yang cocok untuk penanaman kayu albesia di bali.

 

Kata Kunci :Kayu Albesia, Weighted Product, Sistem Pendukung Keputusan.

 


References


Hadi, Abdul Q., & Napitupulu, Rodame M. 10 Tanaman Investasi Pendulang Rupiah, Jakarta :Penebar Suadaya, 2012.

S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu. 2006.

Syaukani, Muhammad. ”Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode Fuzzy Weighted Product Untuk Diagnosis Penyakit Pneumonia.” Jurnal Teknologi Vol.5 No. 1, 2012:17-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.