Aplikasi Game Pembelajaran Pelinggih Sanggah/Merajan Bali Berbasis Android

Ngakan Putu Tio Angranata, gde sastrawangsa, Ida Bagus Suradarma

Abstract


Aplikasi ini dirancang karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pengetahuan tentang pelinggih sanggah/merajan bali. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi game pembelajaran pelinggih sanggah/merajan bali berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman LUA pada Corona SDK. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan pelinggih sanggah/merajan bali kepada masyarakat umum ataupun masyarakat hindu yang ingin mempelajari tentang pelinggih sanggah/merajan bali. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dimulai dari pengumpulan data dari literatur  tentang pelinggih sanggah/merajan bali, lalu melakukan perancangan menggunakan Unifieded Modeling Language (UML) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Dengan adanya aplikasi ini, dapat menjadi sarana pembelajaran dalam melestarikan dan membangkitkan budaya daerah khususnya Bali yang mudah didapatkan oleh semua lapisan masyarakat.

 

Kata kunci : Game Pembelajaran, Android, Pelinggih Sanggah/Merajan Bali.

 

 


References


Mulyadi, ST. Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta: Multimedia Centre. 2010.

Katie Salen and Eric Zimmerman, Rules of Play Game Design Fundamentals.

Kusuma Hidayat, Ade. Aplikasi Pembelajaran Materi Dasar Taman Kanak Kanak Berbasis Android, Jurnal Transit Volume 1 Nomer 3 : 90.

Latuheru, John D. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud. 1988.

Anom I Bagus. Tentang Membangun Merajan. Denpasar: CV. Kayumas Agung. 2009. 1-15.

DiMarzio J. Android A Programmer’s Guide; 2008.

Paul Deitel d. Android for Programmers And App-Driven Approach; 2012.

Purwanti I. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah BerPlatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. 2013 Maret; 2.

Varma, Jayant. Learn Lua for iOS Game Development. New York: Apress Media. 2013.

Williams, Daniel. Corona SDK Application Design. http://it-ebooks.info/book/2944. Diakses tanggal 1 Desember 2013.

Fernandez, Michelle. Learn Corona SDK Mobile Game Development: Beginner's Guide. Birmingham: Packt Publishing Ltd. 2012.

Wahana Komputer. Shortcourse Series: Adobe Illustrator CS5. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2011.

Rumbaugh MB&. Object oriented modeling dan design with UML(2nd edition) New Jersey: Pearron Education Inc.; 2005.

Sholiq. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek Dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.