Rancang Bangun Permainan Tradisional Bali “Gebug Ende” Berbasis Multimedia.

I Putu Adi Wijaya, I Gusti Ngurah Darma Paramartha, I gede harsemadi

Abstract


Di jaman yang semakin canggih ini tradisi sudah mulai terkikis dengan kuatnya arus globalisasi. Anak – anak semakin lupa tentang budaya nenek moyang yang seharusnya dilestarikan. Contohnya saja permainan tradisional yang seharusnya di lestarikan namun kini mulai dilupakan. Dengan perancangan aplikasi game ini diharapakn agar generasi muda tetap bisa melestarikan budaya nenek moyang yang telah lama ada. Dengan menggabungkan budaya dengan teknologi diharapkan akan mampu membuat generasi muda bisa melestarikan sebuah tradisi. Menggunakan teknologi flash dan bahasa pemrograman Actionscript3 perancangan ini akan di aplikasikan pada system operasi android. Hasil perekayasaan ini akan menghasilkan sebuah aplikasi game edukasi tentang sebuah tradisi yang ada di Bali yaitu Gebug Ende.

 

Kata Kunci : Sistem Komputer, Game Pendidikan, Tradisi Gebug Ende, Permainan Tradisional Bali.


References


Fatya Permata Anibiya. Unsur-unsur Kebudayaan Bali dan Ciri-ciri Sastra Populer dalam Lejak. FIB UI. 2008

Taro, Made. 2010. Bunga Rampai Permainan Tradisional Bali. Bandung: Graha Bandung Kencana

I Gede Suwidnya. 2010.Tradisi Gebug Ende. Denpasar: Program Pascasarjana ISI Denpasar.

Suyanto M. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: ANDI,2005.

Henry Samuel. Cerdas Dengan Game : Panduan Praktis Bagi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Burgun Keith. Game Design Theory : A New Philosopy For Understanding Games. USA: CRC Press. 2012: 124.

Amiq Lutfi. Pemanfaatan Media Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2013.

MADCOMS.Panduan Belajar Coreldraw X5.jakarta: Andi.2011.

Bonnie Soeherman & Dainel Danny. Photo to Cartoon With Photoshop. Jakarta: Elex Media Komutindo.2010.

Sholiq. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Graha Ilmu.

Fowler M. UML Distilled edisi 3. Yogyakarta: ANDI, 2005

Riyanto, Yatim. 2006. Pengembangan kurikulum dan Seputar KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP), IKAPI : Universiti Press.

John Satzinger.2010.System Analys And Design in a Changin Word,”System sequence diagram”.

Naya A, Arfandy H, Junaedy. Penerapan Teknologi Berbasis Android Untuk Penjualan Suku Cadang Pada Celebes Motor Sport. Makasar: STMIK Kharisma Makassar, Teknik Informatika; 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.