Implementasi Augmented Reality Pada Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Berbasis Mobile

I Putu Widiantara, I Gusti Ngurah Darma Paramartha, Dandy Pramana Hostiadi

Abstract


Augmented Reality Taman Budaya  Pada Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Berbasis Mobile ini adalah teknologi terbaru dalam perkembangan aplikasi mobile phone ini  didalamnya berisi bagian dari masing-masing bangunan GWK yang berupa objek 3D. Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality Pada Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Berbasis Mobile ini menggunakan aplikasi blender untuk membuat objek 3D, serta menggunakan aplikasi unity 3D, dan vuforia untuk mengolah objek 3D tersebut. Unity 3D berisi editor untuk membuat suatu desain aplikasi dan 

vuforia sebagai library marker. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi augmented reality yang memvisualisasikan bagian-bagian dari GWK yang berisikan informasi dan gambar taman budaya Garuda Wisnu Kencana yang diinstal pada smartphone Android yang mampu menampilkan bagian dari Garuda Wisnu Kencana menggunakan objek 3D. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan isi daripada bagian masing-masing dari Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

 

Kata Kunci :  Aplikasi Mobile, Buku Augmented Reality, Garuda Wisnu Kencana, Unity 3D, Vuforia.


References


Y. Y. Joefrie, "TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY," TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY, September 2011.

Imam Fahrrurozzi,azhari sn.proses pemodelan software dengan metode waterfall dan extreme programming : skripsi Stikom Bali; 2014

S. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.