APLIKASI RESERVASI EXCURSION BERBASIS ASP.NET PADA PT GO VACATION INDONESIA

Rizky Adhitya Ridholloh, I G K G Puritan Wijaya. ADH, Dandy Pramana Hostiadi

Abstract


Excursion merupakan sebuah perjalanan singkat atau lawatan ke tempat-tempat yang luar biasa atau bersejarah untuk bersenang-senang atau untuk tujuan belajar mengenal kebudayaan lainnya merupakan salah satu daya tarik yang sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara. Oleh karenanya PT. Go Vacation Indonesia sebagai salah satu tour travel turut serta dalam memasarkan excursion sebagai salah satu daya tarik agar wisatawan mancanegara dapat lebih mengenal Indonesia.Maka dari itu dibuatlah sebuah Aplikasi Reservasi Excursion Berbasis ASP.NET Pada PT. Go Vacation Indonesia yang merupakan teknologi komputasi client-server khususnya yang menggunakan teknologi internet dan teknologi basis data semakin berkembang pesat, sejalan dengan itu kebutuhan akan aplikasi sistem informasi yang tidak dibatasi ruang dan waktu juga semakin meningkat. Kemunculan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet turut serta mempengaruhi perkembangan teknologi yang memudahkan pengguna aplikasi ini untuk dapat mengaksesnya hampir di semua lokasi. Fasilitas internet dengan perangkat teknologi penunjangnya memungkinkan dikembangkannya aplikasi reservasi yang memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemudahan dalam mendistribusikan program aplikasi, mudah dan praktis karena dapat diakses dari manapun dan kapanpun, memiliki akses informasi yang lebih cepat, murah dan lebih baik serta mampu menurunkan biaya atas kebutuhan penyampaian dan penyebaran informasi mengenai excursion yang dijual. Pada pembuatan sistem tersebut, konsep perencanaan dan perancangan sistem dimulai dengan tahap pengumpulan data, perancangan Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) basis data dan kemudian mengimplementasikannya. Hasil dari aplikasi ini membuktikan bahwa ASP.NET yang diimplementasikan pada Aplikasi Reservasi Excursion pada PT. Go Vacation Indonesia menjadikan sistem tersebut dapat diakses online melalui akses website dan dengan pengembangan sistem ini memberikan kemudahan dalam pengolahan input serta output data yang menjadi lebih cepat dan tepat guna.

 

Kata kunci: Reservasi Tour, Aplikasi Reservasi Excursion, ASP.NET, Go Vacation Indonesia


References


Stark Jonathan, Jepson Brian. Building Android Apps with HTML, CSS, and JavaScript, Second Edition. Sebastopol: O'Reilly Media. 2012.

Gok Nizamettin, Nitin Khanna. Building hybrid android apps with java and javascript: applying native device API’s. Sebastopol: O'Reilly Media. 2013.

Akbar, Ali dan Eko Priyo Utomo. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Cakrawala. 2011.

Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2000.

Hendrawan, Adi Wijaya. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri. 2014.

Kurniawan, Erick. Cepat Mahir ASP.NET 3.5. Yogyakarta: Andi. 2010.

Hartono, Jugianto. Analisa & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 2002.

Jaenudin. Belajar Sendiri .net dengan Visual C# 2005. Yogyakarta: Andi Offset. 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.