PENERAPAN PROTOKOL ZIGBEE SEBAGAI SISTEM KOMUNIKASI PADA KENDALI LENGAN ROBOT

I Komang Ariesta Ananta, I Nyoman Kusuma Wardana, Padma Nyoman Crisnapati

Abstract


Lengan robot merupakan salah satu produksi dibidang robotika yang memiliki banyak fungsi. Lengan robot dirancang menyerupai tangan manusia agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Rancangan sistem kendali lengan robot dibuat dengan menggunakan protokol Zigbee sebagai sistem komunikasi nirkabel. Protokol Zigbee merupakan sebuah spesifikasi untuk jaringan tingkat tinggi yang berbasis pada standar IEEE 802.15.4 memiliki kelebihan pada pengoperasiannya yang memiliki jarak maksimal komunikasi hingga 100 meter, bentuk yang kecil, dan membutuhkan daya yang sangat rendah (low power cosumption). Pada penelitian ini memfokuskan pada penerapan protokol Zigbee sebagai protokol untuk pengiriman data perintah kendali lengan robot secara nirkabel. Metode yang digunakan dalam 

penulisan penelitian ini dimulai dengan membuat Flowchart dan selanjutnya mempersiapkan kebutuhan hardware dan software. Pengujian dilakukan menggunakan dua node dengan salah satu protokol Xbee menjadi pengirim dan yang satunya sebagai receiver. Hasil dari penelitian ini adalah berupa lengan robot yang dapat dikontrol dari rentang jarak maksimal 20 meter pada ruangan terbuka (tanpa hambatan) dan 16 meter di dalam ruangan.

Kata kunci : Protokol Zigbee, Wireless, Lengan Robot, Hardware, Software

 


References


Dr. S.S. Riaz Ahamed. 2005, The Role of Zigbee Technology In Future Data Communication System. Sathak Institute of Technology.

Nur Fitriana, Y. 2012. Sistem Kontrol Lengan Robot Menggunakan Sinyal EMG Berbasis Mikrokontroler H8/3069F. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Fisika Universiatas Indonesia.

Wirya Nugraha, D. Perancangan Sistem Kontrol Robot Lengan Yang Dihubungkan Dengan Komputer. MEKTEK Tahun XII No.3, September 2010.

Intan Dalimunte, P.S Pengendalian Perangkat Elektronik Dengan Jarak Jauh Menggunakan Wireless Xbee. Teknik Telekomunikasi Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto.

Tim penyusun, Introduction Arduino, diakses terakhir melalui http://arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardMega2560, pada tanggal 14 Januari 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.