RANCANG BANGUN GAME JOURNEY KING OF BULELENG MENGGUNAKAN BAHASA LUA BERBASIS ANDROID

I Dewa Nyoman Edy Teguh Suputra, I Komang Setia Buana, Gede Dody Sanjaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi “Game journey King Of Buleleng” Menggunakan Bahasa LUA Berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman LUA pada Corona SDK, yang dapat digunakan sebagai media hiburan yang berjalan pada prangkat mobile. Di Bali terdapat 8 kabupaten yaitu : Kabupaten Badung ,Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karang asem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan,  dan 1 kota madya Denpasar. asal-usul Buleleng berawal dari raja pertama bernama Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti adalah Pendiri Kerajaan Buleleng pada tahun 1660an yang awalnya bertahta di Sukasada.  adapun tujuan dari game ini sebagai media pembelajaran sejarah dengan menggunakan media game selain itu manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi game ini sebagai sarana memperkenalkan sejarah daerah Buleleng dan sebagai hiburan mengingat banyak dari kalangan muda yang sudah melupakan sejarah nenek moyangnya sendiri. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk menambah aplikasi game buatan indonesia khususnya daerah Bali. Aplikasi ini terdapat cerita serta game yang berbentuk stage game. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data dari literatur Game Journey King Of Buleleng Menggunakan Bahasa LUA Berbasis Android, Unifieded Modeling Language (UML) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Penelitian ini memfokuskan pada permainan game.

Kata Kunci : Game, Android, Journey king Of Buleleng

GAME DESIGN OF JOURNEY KING OF BULELENG USING LUA LANGUAGE BASED ON ANDROID


References


Henry, Samuel. 2010. Cerdas Dengan Game : Panduan Praktis Bagi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suprianto Dodit, Agustina Rini. 2013. Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: Mediakom.

Zammetti, Frank. 2013 . Learn Corona SDK Game Development. New York : Apress Media.Elcom (2012). Exploring Android On Your Own PC. Penerbit Andi : Yogyakarta

Adriyanto, Bambang. 2010. Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash 8. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional.

Varma, Jayant. 2013. Learn Lua for iOS Game Development. New York : Apress Media.

Imam Fahrurrozi,azhari sn.proses pemodelan software dengan metode waterfall dan extreme programming : studi Perbandingan. 1-10

Agustina D,w. Game edukatif sejarah computer menggunakan role playing game (rpg) maxer xp sebgai media pembelajaran di smp n 2 kalibawang. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Ambara Gede. 2009. Rancang Bangun aplikasi game pengumbaran I siap selem berbasis flash. Denpasar. : skripsi Stikom Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.