Aplikasi Pembelajaran Metode-metode Dan Teknik Tenis Meja Berbasis Android

I Made Hedi Wiguna Arimbawa, I Komang Setia Buana, Ni Luh Ratniasih

Abstract


Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang sudah lama dikenal di Indonesia. Di Indonesia tenis meja masuk dan mulai dikenal sejak zaman penjajahan belanda. Tenis meja dalam perkembangannya banyak remaja pada saat ini kurang meminati untuk mendalami olahraga tenis meja karena sangat sedikit sekali tutorial yang ada untuk mempelajari tenis meja ini. Pada massa seperti saat sebagian masyarakat sudah mengenal smartphone. Dengan ini adanya aplikasi pembelajaran metode-metode dan teknik tenis meja berbasis android ini mampu membantu dalam melakukan pembelajaran teknik dasar dari tenis meja tersebut. Perancangan aplikasi ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan meimplementasikan dalam bentuk aplikasi pembelajaran berbasis android dan terdapat  web service untuk penyimpanan database dalam pembelajaran tenis meja.

 

Kata Kunci           : Tenis Meja, Pembelajaran, android, Unified Modeling Language (UML), web service.  


References


Achjar Chalil dan Hudaya Latuconsina. Pembelajaran Berbasi Fitrah.penerbit Bp.

Wahana. 2013. Step by Step Menjadi Programer Android. Penerbit Andi dan Wahana Komputer.

Irwansyah. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Penerbit Grafindo Media Pratama

Publishing Munawar. 2005. Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta, Graha Ilmu

David Chappell. 2002. Tyler Jewell. Java Web Service. O’Reilly.

Peraingin, Kasiman. 2006. Aplikasi Web dengan PHP dan MYSQL. Yogyakarta. ANDI

Madcoms. 2010. Kupas Tuntas Adobe Dreamweaper dengan Pemrograman PHP MySQL. Yogyakarta. ANDI

Peter Simson.2008. Teknik Bermain Ping Pong. Bandung. Pionir Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.