Game Edukasi Robot Dengan Unity Menggunakan Mikrokomputer dan Mikrokontroler

Gede Herry Mahardika, I Nyoman Kusuma Wardana, I Gusti Ayu desi saryanti

Abstract


Game edukasi merupakan sebuah game yang bertemakan pembelajaran. Game edukasi bersifat menyenangkan, menghibur, dan mendidik. Untuk meningkatkan ketertarikan pada game edukasi, ditambahkan sebuah media yaitu robot. Pemain memainkan game edukasi yang hasilnya akan digerakkan mengunakan robot. Robot berjalan sesuai perintah yang diberikan oleh pemainnya. Mikrokomputer digunakan sebagai penghubung antara game dan robot melalui wireless dan mikrokontroler digunakan sebagai pengontrol pergerakan robot serta beberapa sensor yang ada. Peraturan permainannya adalah pemain harus memberikan perintah kepada robot sesuai lintasan yang telah ditentukan oleh pemain lain. Media wireless digunakan sebagai media pengiriman data dari game ke robot. Robot berjalan mengikuti garis hitam yang ada pada lintasan. Dari hasil penelitian 

ini, robot dapat menerima perintah yang dikirimkan oleh game. Robot dapat berjalan sesuai urutan perintah yang diberikan. Terdapat beberapa error yang terjadi pada pembacaan garis yang mengakibatkan perintah yang diberikan tidak sesuai dengan pergerakan robot. Game edukasi ini diharapkan menjadi media edukasi yang menarik bagi pemain yang memainkannya.


Kata kunci: Game Edukasi, Robot, Mikrokomputer, Mikrokontroler


References


Yoda, M. Shiota, Y, November 1993, GAME-ROBOT prepared for avoidance motion. Robot and Human Communication, 1993. Proceedings., 2nd IEEE International Workshop on 3-5 Nov. 1993.

Bentivegna, D.C., September 2002, Humanoid robot learning and game playing using PC-based vision. Intelligent Robots and Systems, 2002. IEEE/RSJ International Conference on Sept. 30 2002-Oct. 4 2002.

Faust, J., November 2007, A Video Game-Based Mobile Robot Simulation Environment. Intelligent Robots and Systems, 2006 IEEE/RSJ International Conference on 9-15 Oct. 2006.

Chih-Yung Cheng, Oktober 2006, Toward a Robot Basketball Game. Industrial Electronics Society, 2007. IECON 2007. 33rd Annual Conference of the IEEE.

Hansen, Soeren Tranberg, Juni 2010, An Adaptive Robot Game. Robotics (ISR), 2010 41st International Symposium on and 2010 6th German Conference on Robotics (ROBOTIK).

Chen Wang, Mei 2012, Modified snowdrift games for multi-robot water polo matches, Control and Decision Conference (CCDC), 2012 24th Chinese.

Philip, G, Agustus 2013, Multi-robot exploration using potential games, Mechatronics and Automation (ICMA), 2013 IEEE International Conference on 4-7 Aug. 2013.

Boucenna, S., April 2014, Learning of Social Signatures Through Imitation Game Between a Robot and a Human Partner, Autonomous Mental Development, IEEE Transactions on 29 April 2014.

Hirose, J., Agustus 2014, Robotic gaming companion to facilitate social interaction among children, Robot and Human Interactive Communication, 2014 RO-MAN: The 23rd IEEE International Symposium on 25-29 Aug. 2014.

Mingming Zhang, September 2014, A virtual-reality tracking game for use in robot-assisted ankle rehabilitation, Mechatronic and Embedded Systems and Applications (MESA), 2014 IEEE/ASME 10th International Conference on 10-12 Sept. 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.