Sistem Kendali Tata Cahaya Panggung Menggunakan Gelombang Radio Berbasis Mikrokontroler

Gusti Rai Indra Kusuma, I Nyoman Kusuma Wardana, I Made Budi Adnyana

Abstract


Pencahayaan pada panggung memang sangat diperlukan. apalagi untuk panggung yang digunakan pada malam hari dan panggung yang berada di dalam ruangan. Fungsi dari pencahayaan pada panggung adalah untuk menghiasi suatu acara. Pencahayaan pada panggung menggunakan banyak jenis lampu, seperti lampu RGB, light sky dan lampu lainnya. Lampu light sky merupakan lampu langit yang berfungsi sebagai lampu sorot. Lampu light sky sangat berperan penting pada suatu acara di sebuah panggung, karena apapun yang disorot oleh lampu light sky akan menjadi perhatian dari penonton. Light sky mempunyai tripot sendiri dan dikendalikan secara manual. Ide ini muncul dari pengendalian light sky, bagaimana lampu light sky ini dikendalikan melalui suatu controller yang bisa dikendalikan dari jarak tertentu dan bisa memudahkan kinerja dari user dalam pengendalian light sky. Sistem ini dibangun dengan controller yang menggunakan gelombang radio. Controller yang digunakan dalam sistem ini berupa joystick wireless controller yang mengendalikan pergerakan light sky dan mengatur pencahayaan pada panggung. Pencahayaan pada panggung akan dikendalikan penuh pada joystick wireless controller yang berupa joystick PS2 dan pengendaliannya berupa wireless. Pada joystick ada beberapa button yang berfungsi untuk mengendalikan lampu – lampu pada panggung. Adapun button yang berfungsi untuk mengendalikan lampu adalah button X, button O, button segitiga, button kotak, buttonR1, R2, L1, L2 dan analog R. Pengendalian lampu panggung menggunakan joystick wireless controller dapat dikendalikan kurang dari jarak 13 meter, karena koneksi joystick terhadap sistem hanya berpengaruh sampai jarak 13 meter. Pada jarak yang 

kurang dari 13 meter sistem masih berjalan normal dan lampu – lampu pada panggung masih bisa dikendalikan oleh master kontrol.

 

Kata Kunci : Sistem Kendali Tata Cahaya Panggung, Light Sky, Joystick Wireless Controller, Mikrokontroler.


References


Ridlo Zainur, Pengendali Lampu Melalui Antar Muka Usb Berbasis Mikrokontroler AVR AT90S2313. Yogyakarta, Universitar Gadjah Mada Yogyakarta; 2009.

G. R. Ario, Magnetic Door Lock Menggunakan Kode Pengamanan Berbasis ATMega 328. Yogyakarta, Universitar Negeri Yogyakarta, 2012.

Jeffrey S. Beasley, Gary M. Miller. Modern Electronic

Communication (ed. 9th). Mexico: Hardcore. 2007.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Persyaratan Teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Yang Beroperasi Pada Pita Frekuensi Radio 2,4GHz dan/atau Pita Frekuensi Radio 5,8GHz. http://id.scribd.com/doc/216809866/permen-kominfo-2009-07.

Tanggal akses terakhir: 8 Juni 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.