APLIKASI REKOMENDASI PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS ANDROID

I Gede Ngurah Widya Pradnyana, Dandy Pramana Hostiadi, Rosalia Hadi

Abstract


Keluarga berencana (KB) merupakan program yang berfungsi bagi pasangan untuk menunda kelahiran anak pertama (post poning), menjarangkan anak (spacing), atau membatasi (limiting) jumlah anak yang diinginkan sesuai dengan keamanan medis serta kemungkinan kembalinya fase kesuburan (ferundity). Program Keluarga Berencana tersebut dilakukan dengan pemakaian alat kontrasepsi baik oleh wanita maupun oleh pria. Kontrasepsi adalah upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan. Upaya ini dapat bersifat sementara maupun bersifat permanen, dan upaya ini dapat dilakukan dengan menggunakan cara, alat, atau obat-obatan. Alat kontrasepsi diperlukan juga sebuah rekomendasi untuk pemilihannya. Dalam pengimplementasiannya ke dalam sebuah program rekomendasi tersebut dibantu dengan sebuah metode pengambilan keputusan yaitu, Simple Additive Weighting. Dalam pembuatan aplikasi rekomendasi ini menerapkan metode SAW tersebut dengan menggunakan bahasa pemograman Android Java dengan editor Eclipse. Perancangan sistem dimodelkan atau digambarkan dengan teknik analisis dan alat bantu tertentu seperti UML atau Unified modeling languagedan diikuti dengan tahapan implementasi sistem. Implementasi sistem merupakan tahap kelanjutan dari kegiatan  perancangan 

sistem. Wujud dari hasil implementasi ini nantinya adalah sebuah sistem yang siap untuk diuji dan digunakan. Dengan sistem ini sebuah rekomendasi alat kontrasepsi yang dapat digunakan akan diberikan kepada user, rekomendasi tersebut dapat digunakan acuan untuk konsultasi lebih lanjut pada tenaga ahli.

 

Kata Kunci : Keluarga Berencana, Rekomendasi, Alat Kontrasepsi, Metode Simple Additive Weighting.


References


Proverawati, Atikah, et al. 2010. Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta : Nuha Medika.

Manuaba, Ida Bagus Gde. 1998. Ilmu Kebidanan, penyakit Kandungan dan keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Wahana. 2013. Android Programming with Eclipse. Yogyakarta : Andi.

Prabowo, erik R. Islandscript. 2012. Modding Android. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Huda, A.A. 2012. Pintar Pemrograman Android. Yogyakarta : Andi.

Safaat H. Nazzaruddin. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta : Bina Aksara.

Jogiyanto. 2008. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi

Da Costa, Angelo. 2011. Sistem pendukung keputusan penerimaan berbasis web dengan metode simple additive weighting (SAW) (Studi Kasus Pada Instituto Profissional De Canossa Dili Timor Leste). Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik & Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.