APLIKASI GAME MAKEPUNG BERBASIS MULTI MOBILE PLATFORM

I Wayan Edi Gunawan, Luh Made Yulyantari

Abstract


Kemajuan teknologi dalam industri game, yang mulai mengubah aktifitas para pemain game yang dulu game biasanya dimainkan di komputer tetapi sekarang game lebih banyak dimainkan di smartphone. Atraksi pacuan kerbau tradisional makepung sangat menarik untuk dibangun menjadi sebuah aplikasi game, yang akan menjadi salah satu aplikasi game dengan tujuan melestarikan dan memperkenalkan atraksi pacuan kerbau Makepung kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Perancangan desain sistem dari penelitian ini meliputi pembuatan diagram alir proses game, desain storyboard dan desain antarmuka. Serta program dibangun dengan mengimplementasikan bahasa pemprograman ActionScript 3.0 pada program Adobe Flash, terintegrasi Adobe AIR SDK dalam program Adobe Flash CS6 untuk pengembangan aplikasi berbasis multi mobile platform. Hasil dari penelitian ini adalah memanfaatkan perkembangan teknologi mobile saat ini, yaitu teknologi smartphone berbasis Android dan iOS dengan tujuan melestarikan dan memperkenalkan atraksi pacuan kerbau Makepung kepada masyarakat.

 

Kata kunci: Game, Makepung, Smartphone, iOS, Android.

 


References


Henry Samuel. Cerdas Dengan Game : Panduan Praktis Bagi Orang Tua Dalam Memdampingi Anak Bermain Game. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2010

Fauzi A.R dll. Membuat Game Fighting Dengan Flash. Jakarta: Elex Komputindo. 2009

Burgu Keith. Game Design Theory : A New Philosopy For Understanding Games. USA: CRC Press. 2012: 124

I Nyoman Suarka. Makepung Jembrana Provinsi Bali. Bali. Balai Arkeologi Yogyakarta: 2012

Galih Pranowo. Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Scripts 3.0 pada Adobe Flash CS5. Yogyakarta: ANDI. 2011

Ed. I. Mudah Membuat Animasi dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: ANDI. 2011

Véronique Brossier. Developing Android Applications with Adobe AIR. Gravenstein Highway North, CA: O’Reilly Media, Inc. 2011: 1

Chris Florio. ActionScript 3.0 for Adobe Flash Professional CS5 Classroom in a Book. USA: Adobe Press. 2010: 320

Matthew David. Flash Mobile Developing Android and iOS Applications. Oxford, United Kingdom: Elsevier. 2011: 257

Eko Proyo Utomo. Tip dan Trik Android dan Blackberry. Yogyakarta: ANDI. 2012

Victor Chandra. Pintar Peprograman Aplikasi iPhone dan iPad. Yogyakarta: ANDI. 2013

WAHANA Komputer Semarang. 5 Hari Terampil Menggunakan Adobe Illutrator CS6. Yogyakarta: ANDI. 2009

SmitDev Community Semarang. Multimedia Starter Guide: Adobe Illustrator CS2. Yogyakarta: ANDI. 2008

Hariyanto Bambang. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.