PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PLATFORM ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ROBOTIKA

Lenny Natalia, I Nyoman Kusuma Wardana, Padma Nyoman Crisnapati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana menerapkan teknologi augmented reality di dalam pembelajaran komponen robotika. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi augmented reality bermanfaat  sebagai salah satu media pembelajaran dalam bidang pengenalan komponen robotika. Pada penelitian ini, sistem yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat menampilkan objek tiga dimensi dalam dunia nyata melalui layar smartphone. Dalam perancangan aplikasi ini, menggunakan perangkat lunak Blender untuk membuat model tiga dimensi dan menggunakan perangkat lunak Unity yang menggunakan bahasa pemrograman C#. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan Model Dick and Carrey agar produk perangkat lunak yang dirancang pada penelitian ini dapat divalidasi secara akademik dan ilmiah. Penelitian ini juga menggunakan metode pemodelan berorientasi objek, dengan menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) untuk memvisualisasikan, merancang dan mendokumentasikan sistem. Aplikasi ini memanfaatkan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android sehingga memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dimanapun mereka berada. Aplikasi pembelajaran ini akan diberi nama "ARKRo (Augmented Reality Komponen Robotika)". Bardasarkan uji coba yang dilakukan, hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa aplikasi augmened reality komponen robotika bisa berjalan dengan baik, karena  pembuatan objek tiga dimensi, animasi, serta script kode sudah dilakukan dengan benar. Objek tiga dimensi dapat muncul pada marker, dan tombol yang terdapat pada menu telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi tiap tombol.

 

Kata Kunci : Augmented Reality, Komponen Robotika, Android, Objek Tiga Dimensi.

 


References


Ronald T. Azuma. A Survey of Augmented Reality. 1997

Sanni Siltanen. Theory and Applications of Marker-based Augmented Reality. 2012.

Milgram, P., Kishino, F. A Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays. IECE Trans. on Information and Systems (Special Issue on Networked Reality), vol. E77-D, no. 12, pp.1321-1329, 1994.

Prof. Luc Van Gool. Markerless 3D Augmented Reality. 2012

I Made Agus Wirawan. Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Mobile Phone Base Learning untuk Materi Sintaks Basic SQL pada Mata Kuliah Basis Data Lanjut (Studi Kasus Pada Jurusan Pendidikan TI Semester III).

Padma Nyoman Crisnapati (2011). Pengembangan Konten Perkuliahan Mikroprosesor Dengan Model Dick And Carey Dalam Pembelajaran Web Based E-Learning Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Singaraja : Universitas Pendidikan Singaraja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.