PENERAPAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI SISTEM KONTROL MESIN PERACIK MINUMAN

I Gusti Ngurah Bayu Dhananjaya, I Nyoman Kusuma Wardana, Ni Luh Ratmiasih

Abstract


Dunia industri merupakan salah satu sektor tersibuk didunia ini, dimana setiap perusahaan memiliki pekerja yang banyak dan setiap kali beristirahat akan memadati kantin dalam perusahaan tersebut, yang otomatis menurunkan produktivitas pekerja karena terlalu lama  mengantri dikantin. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan otomasi dalam pelayanan khususnya minuman. Salah satu penerapan otomasi tersebut adalah dengan penggunaan Programmable Logic Controller (PLC) sebagai sistem kontrol. PLC adalah sebuah komputer digital yang digunakan untuk otomasi khususnya dibidang industrial yang diantaranya berfungsi sebagai pusat kontrol mesin  dalam suatu pabrik. Pemrograman PLC menggunakan 

bahasa ladder diagram yang dapat diunggah kedalam PLC dengan menggunakan sebuah alat khusus ataupun menggunakan sebuah komputer. Berdasarkan masalah tersebut, maka dibuatlah sebuah mesin peracik minuman yang menggunakan PLC sebagai pusat sistem kontrolnya. Penelitian dimulai dengan mendesain badan alat dan dilanjutkan dengan pemrograman dan uji coba. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah mesin peracik minuman yang memiliki dua pilihan minuman yaitu kopi dan teh dan dua kondisi air yaitu panas dan biasa, yang berhasil memproduksi minuman dengan baik pada gelas yang sudah ditentukan.


Kata Kunci : PLC, Ladder diagram, Mesin Peracik Minuman


References


Rifikin, Jeremy. 1995. The End of Work: The Decline of the Global Labor Force and the Dawn of the Post Market Era. Putnam Publishing Group. ISBN 0-87477779-8.

Winkler, D ; Inst. of Software Technol., Vienna Univ. of Technol., Vienna, Autria ; Hametner, R. ; Biffl, S. IEEE. Automation Component Aspect for Efficient Unit Testing. Tahun : 2009.Halaman : 1-8.

Terzic, I. ; Autom. & Control Inst., Vienna Univ. of Technol., Vienna ; Zoitl, A. ; Favre, B. ; Strasser, T. IEEE. A Survey of Distributed Intelligence in Automation in European Industry, Research and Market. Tahun : 2008. Halaman : 221-228..

Sonjaya Ujang. Rancang Bangun Sistem Kontrol Konveyor Penghitung Barang Menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) OMRON Tipe CPM1A CDR. Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma; 2011.

Gindo Saor Pahala Sinaga. Pembuatan Program Pada Programmable Logic Controller (PLC) Mitsubishi Untuk Pengendalian Model Lift Barang Tiga Lantai. Tesis. Bandung, Institut Teknologi Bandung. Tahun : 2009.

Wahyudi. Intitut Teknologi Bandung. Penggunaan PLC-5 dan Radio Telemetry Untuk Melakukan Proses Kontrol Pada "KILN ON BORARD" di PT Inco. Tahun : 2004. Halaman : 1.

Liya Setyo Budi. Perancangan Sistem Pemantauan Produksi Menggunakan Sistem Komunikasi Jaringan Programmable Logic Controller(PLC). Tesis. Bandung, Institut Teknologi Bandung. Tahun : 2014.

Pratumsuwan P, Pongaen W. Juni 2011. An embedded PLC development for teaching in mechatronics education. Industrial Electronics and Applications (ICIEA). Pages : 1477 – 1481.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.