IMPLEMENTASI HAVERSINE FORMULA PADA PETA PENYEBARAN WABAH PENYAKIT

Made Rendi Krisnawan, Gde Sastrawangsa, Ni Kadek Sumiari

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang dewasa ini sedang menjamur di masyarakat, seharusnya tidak hanya mampu memberikan manfaat dalam hal komunikasi antar personal atau pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan cepat dan praktis. Namun teknologi informasi telah sepantasnya mampu untuk dimamfaatkan sebagai sarana pencegahan wabah penyakit yang saat ini marak terjadi di masyarakat. Bencana wabah penyakit menular seperti demam berdah, rabies dan penyakit menular lainnya dikhawatirkan akan banyak memakan korban apabila kurang dioptimalisasikannya pemanfaatan teknologi informasi. 

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membangun sebuah sistem peringatan dini yang dapat membantu memberikan informasi awal penyebaran wabah penyakit kepada masyarakat. Sistem ini di rancang dengan menggunakan media map yang telah disediakan oleh google serta dimanfaatkan untuk pembangunan aplikasi berbasis website dibantu dengan penggunaan algoritma haversine untuk penentuan jarak dan SMS gateway yang selanjutnya akan mengirimkan pesan waspada wabah penyakit ke masyarakat. Dengan di bangunnya sistem peringatan dini wabah penyakit ini diharapkan mampu untuk membantu masyarakat waspada dini dalam menangani wabah penyakit yang telah banyak menelan korban jiwa.

 

Kata kunci: Aplikasi website, haversine, map, SMS gateway, wabah penyakit.

 


References


Gintoro, dkk. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010): Yogyakarta.

Aziz, Muh. 2006. Sistem Informasi Geogafis Berbasis Desktop dan Web. Gava Media: Yogjakarta

Budiyanto, Eko. 2005. Sitem Informasi Geografis Berbasis Desktop. Andi Offset: Yogjakarta

H.M.Jogiyanto. 2004. Pengenalan Komputer. Andi Offset, Edisi 2: Yogjakarta

Prahasta, Eddy. 2004. Konsep - konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. CV Informatika: Bandung

Siregar, Michael, Ivan. 2011 Membongkar Source Code Berbagai Aplikasi Gava Media: Yogyakarta

Prahasta, Eddy. 2004. Sistem Informasi Geografis Tools dan plug-Ins. Informatika : Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.