Analisa Kinerja Jaringan Pada Topologi Wireless Distribution System Studi Kasus Cloud Storage Pada RT-RW Net

Yudhi Pratiwindhya, Yohanes Priyo Atmojo, Dandy Pramana Hostiadi

Abstract


Cloud storage pada RT/RW Net bertujuan untuk memudahkan client untuk menyimpan berkas secara portable tanpa menggunakan drive portable yaitu flashdisk atau external harddisk. RT-RW Net dibangun dengan menggunakan jalur kabel dan nirkabel. Implementasi jaringan RT-RW Net dapat dilakukan dengan menggunakan topologi Point to Multipoint. Point to Multipoint adalah topologi yang menghubungkan satu perangkat ke beberapa perangkat lainnya. Penggunaan topologi Point to Multipoint dapat lebih dikembangkan lagi dengan adanya teknologi WDS (Wireless Distribution System). WDS adalah sebuah sistem untuk memperluas jangkauan 

jaringan wireless dengan menggunakan dua atau lebih Access Point. Kelebihan WDS dibandingkan teknologi sejenisnya seperti repeater adalah header MAC address pada client dari paket traffic tidak berubah saat client berpindah ke access point lainnya. Teknologi WDS menggunakan standar 802.11n yang berasal dari pengembangan standar 802.11 dan memiliki kemampuan data rate hingga mencapai 150 Mb/s. Analisa kinerja jaringan pada topologi Point to Multipoint dan topologi WDS (Wireless Distribution System) dilakukan dengan cara mengukur parameter Packet Loss, Throughput, dan Transfer Time yang digunakan untuk mengukur Quality of Service. Hasil pengukuran pada skenario satu lebih baik 22 persen dan skenario dua lebih baik 16 persen dibandingkan skenario tiga.

Kata kunci: wireless distribution system, cloud storage, packet loss, throughput, transfer time



References


M. Agus J. Alam, Meng. Wifi, hotspot, lan & Sharing internet. Bandung: Elex Media Komputindo. 2006.

Iwan Sofana, Cisco CCNA & Jaringan Komputer. Bandung: Informatika. 2012.

HP Innovation, ProCurve Networking, Planning a Wireless Network, 2006.

Iwan Sofana, Mudah Belajar Linux. Bandung: Informatika. 2006.

I Putu Agus Eka Pratama, Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi – Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika. 2014.

ITU-T G.1010, Series G: Transmission Systems and Media, Digital Systems and Networks Quality of Service and Performance, 2011.

Alan Holt, 802.11 Wireless Networks. London: Springer-Verlag. 2010.

Gede Wisnu Teguh Saputra, Analisa Performansi Aplikasi Video Streaming Pada Jaringan Wireless 802.11n Berbasis Wireless Distribution System (WDS). Denpasar: STMIK STIKOM Bali. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.