Aplikasi Manajemen Proyek Sistem Informasi Berbasis Web Studi Kasus CV. Vasstel

I Agus Whita Cahyadi, IGKG Puritan Wijaya ADH, Erma Sulistyo Rini

Abstract


Manajemen proyek merupakan suatu tata cara untuk mengorganisir, mengelola, dan menyelesaikan suatu proyek dari awal sampai akhir proyek. Manajemen proyek dapat diterapkan pada jenis proyek apapun dan dipakai secara luas dalam menyelesaikan proyek yang besar dan kompleks. Fokus utama dalam manajemen proyek adalah pencapaian semua tujuan proyek dengan segala batasan, waktu dan dana yang tersedia. CV. Vasstel sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang web developer di samping menggunakan tenaga pegawai, CV. Vasstel juga menggunakan tenaga freelance untuk mengerjakan proyek. Untuk proyek yang dikerjakan, CV. Vasstel menggunakan manajemen proyek untuk mengorganisir dan mengelola pengerjaan proyek dari awal sampai proyek selesai. Dalam menggunakan tenaga freelance CV. vasstel mengalami kesulitan dalam pengelolaan proyek yang dikerjakan, kesulitan tersebut antara lain dalam tugas proyek maupun persentase tugas/task yang sudah selesai dikerjakan. Untuk memudahkan pengawasan tentunya memerlukan aplikasi pengelolaan proyek yang terkomputerisasi, dimana manajemen yang terkomputerisasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang tentunya mempunyai nilai lebih. Pada pembuatan aplikasi tersebut konsep dan perancangan melalui pengumpulan data, ERD (Entity Relationship Diagram), DFD (Data Flow Diagram), basisdata dan selanjutnya mengimplementasikannya. Hasil dari aplikasi yang dibangun akan membantu untuk manajemen proyek dari pengolahan data secara cepat maupun pelaporan kinerja yang akan meminimalisir waktu. 

 

Kata kunci:  Aplikasi Pengelolaan Proyek, Manajemen proyek, Sistem Informasi.


References


Abdul Kadir, From Zero to A Pro, Panduan untuk Mempelajari Pengembangan Rich Internet Applicarions Melibatkan CSS, Javascript, dan PHP: Andi Yogyakarta. 2013

Abdul Kadir, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP: Andi Yogyakarta. 2002, 2003, 2008

Edy Winarno ST.,M.Eng., Ali zaki, & SmitDev Community , 3 in 1 : Javascript, JQuery, dan JQuery Mobile : PT Elex Media Komputindo Jakarta. 2014.

Hanif Al Fatta, Analisa dan Peancangan sistem informasi, Andi Yogyakarta. 2014.

Elmasari & Navathe, Fundamentals of Database system, Benjamins Cummings. 1994.

Ir. Abrar Husen, MT., Manajemen Proyek, Andi Yogyakarta. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.