RANCANG BANGUN APLIKASI PAYMENT GATEWAY “DOMPET’ SEBAGAI ALTERNATIF PEMBANTU PEMBAYARAN ONLINE

I Made Ramasvena, I Made Adi Purwantara, I Gede Suardika

Abstract


Kebutuhan akan informasi dengan mudah, cepat dan tepat waktu juga merupakan suatu kebutuhan penting guna mendukung aktivitas manusia.Bisnis secara atau berbasis teknologi informasi dapat melengkapi atau bahkan dapat menggantikan metode bisnis secara manual atau offline. Terlebih dalam penjualan produk, metode offline hanya akan efektif jika masih 

dalam lingkup satu area geografis dalam arti kata pembeli dan penjual bertemu langsung dan mengadakan transaksi di tempat. Sedangkan dalam rangka meningkatkan nilai bisnis, para pelaku meningkatkan dengan berbasis teknologi informasi ,kendala – kendala tersebut dapat diatasi. Secara khusus yaitu dengan perdagangan berbasis teknologi informasi / online atau yang lebih populer disebut e-commerce.Dengan sistem  e-commerce  penjualan  bisa  dilakukan  tanpa mempertemukan pihak penjual dan pembeli. Dikarenakan tingginya  mobilitas pihak-pihak  yang  menggunakan sistem  e-commerce  maka  sistem  tersebut  harus  dapat  diakses dimana  saja  dan  kapan  saja  dengan  menggunakan  perangkat mobile.  Sistem  tersebut  kemudian  dikenal  dengan  nama  m-commerce. Permasalahan  utama  dalam  aplikasi  m-commerce  adalah keamanan  transaksi  pembayaran  yang  dilakukan.  Untuk  itu diperlukan  suatu  third  party  yang  dapat  dipercaya  untuk  menjadi perantara  antara  penjual  dan  pembeli  yang  melakukan  transaksi pembayaran. Sistem tersebut disebut dengan Payment Gateway.

Kata Kunci : Offline, E-commerce, M-commerce, Third Party, Payment Gateway

 

 

 


References


A.S. Rosa, dan M. Shalaludin. 2010. Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek. Bandung: Modula.

Davis. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. PT. Pustaka Inman Pressindo. Erlangga.

Jogianto HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta.

Kasiman, Paranginangin. 2006. Aplikasi Web Dengan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: ANDI.

Kendall, E, Kenneth dan Kendall, E, Julie. 2003. Analisa Dan Perancangan Sistem Jilid 2 Edisi Kelima. PT. INDEX, Jakarta.

Malik, S. 2005. Enterprise Dashboard: Design and Best Practice for IT. New Jersey: Willey.

Nugroho, Bunafit. 2005. Database Relasional Dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

O’Brein, James A. 2005. Pengantar Sistem Informasi. Salemba 4, Jakarta.

Riyanto. 2011. Membuat Sendiri Aplikasi E-Commerce Dengan PHP & MySQL Menggunakan CodeIgniter & JQuery. Yogyakarta: ANDI.

Sugiri, A.Md, dan Budi Kurniawan, S.Kom. 2007. Desain Web Menggunakan HTML + CSS. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.