Hexapod Robot Dengan Kendali Website Menggunakan Mikrokomputer dan Mikrokontroler

I Komang Agus Ady Aryanto, I Nyoman Kusuma Wardana, I Gede Muriarka

Abstract


Penelitian ini merupakan langkah awal  dari alat pencari korban bencana alam. Robot berkaki menjadi salah satu solusi alat  untuk pencarian korban bencana karena dapat melakukan penjelajahan pada kontur tanah yang tidak rata, yang juga dilengkapi sebuah kamera yang dapat melakukan pemantauan secara langsung. Dalam penelitian ini, pola tripod gait digunakan untuk pergerakan kaki-kaki robot dan komunikasi dengan jaringan nirkabel Wi-Fi. Robot berkaki dikendalikan menggunakan antarmuka website dengan susunan desain antarmuka akan menyesuaikan dengan ukuran layar dari perangkat yang digunakan saat mengakses website. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah robot yang dapat membantu Tim SAR dalam melakukan pencarian korban bencana alam dan mendorong berkembangnya inovasi baru dari teknologi. Berdasarkan pengujian, kualitas motor servo mempenggaruhi robot saat berjalan ditempat rata maupun miring.

 

Kata kunci : Robot Hexapod, Website, Mikrokomputer, Mikrokontroler, Bencana Alam


References


Badan SAR Nasional. http://www.basarnas.go.id/ Tanggal akses terakhir 18 April 2015.

Djiwo Harsono, Budi Suherndro, Rito Laksono. 2012. Rancangan Bangun Robot Hexapod Dengan Kendali Jarak Jauh. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir-Badan Tenaga Nuklir Nasional. Yogyakarta.

M. Z. A. Rashi, M. S. M. Aras, A. A. Radzak, A. M. Kassim and A. Jamali. December 2012. Development of Hexapod Robot Wih Manoeuvrable Wheel. International Jurnal of Advanced Science and technology, Vol. 49. Universitas Teknikal Malaysia Melaka. Universitas Malaysia Sarawak. Malaysia.

Yeongtae Jung and Joonbum Bae. 2013. A Six-Legged Walking Robot Inspired by Insect Locomotio. School of Mechanical and Advanced Materials Engineering UNIST, Korea.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.