Implementasi Cluster Raspberry Pada Rendering Video

Gede Reza Adhinugraha, Yohanes Priyo Atmojo, I Wayan Ardiyasa

Abstract


Raspberry Pi sering disebut juga dengan nama Raspi merupakan komputer single board  yang berukuran mini sebesar ukuran kartu kredit. Raspberry Pi pada saat ini telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan dalam bidang komputasi, seperti spreadsheet, game , media player , dan sebagainya. Raspberry dengan banyak kemampuan yang bisa dilakukan tersebut membuat perangkat tersebut telah berkembang pesat dan digunakan dalam banyak keperluan. Raspberry Pi tersebut bisa digunakan untuk menjadi cluster computer untuk meningkatkan kinerja Raspberry Pi tersebut dengan tujuan memenuhi kerperluan dalam komputasi yang membutuhkan perangkat komputer yang kinerjanya lebih dari satu perangkat komputer saja. Dengan menjadikan Raspberry Pi tersebut menjadi Cluster Raspberry Pi, maka perangkat tersebut dapat memenuhi kebutuhan orang-orang yang memerlukan cluster computer tersebut untuk menyelesaikan suatu perkerjaan yang dilakukan menggunakan perangkat komputer tersebut lebih cepat. Cluster computer dapat diterapkan pada Raspberry Pi untuk melakukan proses rendering video. Dengan menerapkan Cluster Raspberry Pi, kita dapat mempercepat proses rendering video yang biasanya lebih lama dilakukan dengan menggunakan satu perangkat Raspberry Pi tersebut. Menerapkan metode Cluster computer pada Raspberry Pi tersebut dapat memberikan kinerja proses yang lebih cepat kurang lebih 50% sampai 80% karena mempararelkan kinerja lebih dari satu komputer untuk melakukan suatu pekerjaan sehingga dapat mempercepat waktu dalam proses rendering video dibandingkan menggunakan satu perangkat Raspberry Pi. Dengan Menggunakan sistem Cluster Raspberry Pi, hasil dari rendering video akan sama dengan hasil dari proses rendering video pada aplikasi rendering video. Sehingga hasil rendering video akan tidak mengalami perbedaan dalam hasil rendering video.

 

Kata kunci: Raspberry Pi, Cluster Raspberry Pi, Cluster, Cluster Computer, Rendering Video


References


Richardson & Shawn Wallace (2013). Getting Started with Raspberry Pi. California: O'Reilly Media, Inc. dan Make:Project.

Joseph D Sloan (2005). High Performance Linux Clusters with OSCAR, Rocks, OpenMosix, and MPI. California: O'Reilly Media, Inc.

Imam Cartealy (2013). Linux Networking : Ubuntu, Kubuntu, Debian, dll. Jakarta : Jasakom.

Agus Kurniawan (2011). Pemrograman Paralel Dengan Mpi Dan C. Yogyakarta : Andi Publisher.

Barry Wilkinson & Michael Allen (2010). Parrarel Programming . Yogyakarta : Andi Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.